Breaking News:

BATAM TERKINI

DPRD Batam Dukung Keterlibatan Perempuan di Politik, Audiensi Bersama KPPI Batam

Ketua DPRD Batam,Nuryanto sebut peminat perempuan dalam kancah politik sebenarnya sangat besar. Namun keterpilihan calon perempuan masih bisa dihitung

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Hening Sekar Utami
Ketua DPRD Batam, Nuryanto menyambut kedatangan para anggota Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Batam di ruang kerjanya, Rabu (6/4/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Nuryanto, menerima kunjungan audiensi dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Batam, Rabu (6/4/2022).

Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi kepada instansi pemerintahan yang agendanya telah dijalankan oleh KPPI Batam sejak awal tahun 2022 lalu. 

Sebelumnya, pada Desember 2021 KPPI Batam telah melantik pengurus baru.

"Dari bulan Januari 2022 ini kami sudah melaksanakan roadshow ke instansi-instansi pemerintah. Tujuannya, selain silaturahmi, meminta dukungan dari para pimpinan kepala daerah, DPRD, serta kepolisian terhadap program-program KPPI Batam," ujar Ketua KPPI Batam, Ernawati.

Ia menjelaskan, KPPI Batam dibentuk sejak tahun 2004. Organisasi ini dibentuk sebagai wadah bagi para kader perempuan di Batam untuk belajar dan mempersiapkan diri dalam bidang politik.

Sebagaimana fungsinya, KPPI Batam kini telah diikuti oleh sekitar 38 anggota yang tergabung dari 14 partai politik, seperti PDI Perjuangan, Nasdem, Golkar, PPP, PKB, PSI, Demokrat, Gerindra, Hanura, PKS, Perindo, Gelora, Partai Ummat, dan PAN.

Erna menambahkan, selama ini bentuk dukungan dari DPRD Batam telah dirasakan oleh KPPI Batam. Salah satunya, keleluasaan menggunakan Ruang Rapat Serbaguna DPRD Batam dalam kegiatan rapat KPPI Batam. 

Unsur Pimpinan DPRD Batam beserta anggota
Unsur Pimpinan DPRD Batam beserta anggota (ist)

"Kami kalau rapat selalu di Ruang Serbaguna DPRD Batam. Ini adalah salah satu bentuk dukungan dari DPRD Batam kepada kami," ungkap Erna.

Baca juga: Sampai saat Ini Belum Ada Wisman Masuk Kepri lewat Bandara Hang Nadim Batam

Baca juga: Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad Safari Ramadan di Kecamatan Sagulung

Ketua DPRD Batam, Nuryanto pun menyambut baik adanya wadah bagi perempuan politik di Batam, seperti KPPI Batam. Ia berharap KPPI Batam dapat menjadi wadah pendidikan politik bagi kader parpol perempuan di Batam.

Menurut Nuryanto, peminat dari golongan perempuan dalam kancah politik sebenarnya sangat besar. Dari segi kualitas maupun kuantitas, perempuan juga tidak kalah dari laki-laki. Namun, keterpilihan calon perempuan dalam tampuk kepemimpinan masih bisa dihitung jari.

"Pemerintah sudah mendukung keterlibatan perempuan dalam politik. Salah satunya dengan menetapkan kuota pencalonan politik untuk perempuan minimal 30 persen," ujar Nuryanto.

Menurutnya, kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan persiapan diri dari masing-masing kader perempuan baik secara mental, maupun pemahaman politik. Dengan meningkatnya kualitas dan kapasitas, maka peluang calon perempuan terpilih dalam kontestasi politik akan semakin besar.

Selain Nuryanto, Wakil Ketua II DPRD Batam, Ahmad Surya, dan Anggota DPRD Batam, Tan A Tie ikut menyambut kehadiran para anggota KPPI Batam di Ruang Kerja Ketua DPRD Batam tersebut.

(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved