Breaking News:

DISKOMINFO LINGGA

Bupati Lingga Serahkan 883 Sertifikat Tanah Gratis untuk Masyarakat Singkep Pesisir

833 sertifikat tanah yang dibagikan ini merupakan program 2021, dan dibagikan kepada masyarakat Lingga yang tersebar di Singkep Pesisir

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
Diskominfo Lingga
Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah kepada masyarakat Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Selasa (12/4/2022) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lingga menyerahkan 883 sertifikat tanah untuk masyarakat di Kecamatan Singkep Pesisir.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Bupati Lingga didampingi Kepala BPN Lingga, Benny Rianti di Balai Desa Sedamai, Selasa (12/4/2022).

Sertifikat yang dibagikan merupakan hasil program tahun 2021. Namun baru dapat diserahkan kepada masyarakat pada April 2022 ini.

Dengan rincian hak kepemilikan tanah meliputi masyarakat Desa Kote sebanyak 160 sertifikat, masyarakat Desa Lanjut sebanyak 300 sertifikat, Desa Sedamai ada 194 sertifikat, Desa Persing sebanyak 143 sertifikat serta Desa Berindat sebanyak 86 sertifikat.

Muhammad Nizar berharap, kepada masyarakat penerima dapat memanfaatkan sertifikat tanah yang diterima sebaik dan semaksimal mungkin.

Terutama dalam usaha-usaha peningkatan ekonomi.

Menurutnya, dengan adanya sertifikat nilai sewa atau jual tanah akan lebih meningkat.

Dengan catatan tidak sembarangan menjual, tetapi diperhatikan kebermanfaatannya.

Baca juga: Meriahkan Malam Likuran, Dentuman Bedil Akan Penuhi Langit Kota Daik Lingga

Baca juga: 3.000 Warga Lingga Terima BT-PKLWN Senilai Rp 600.000 per Orang

"Semoga dapat dimanfaatkan sebaik mungkin bagi masyarakat penerima. Dijaga dan jangan sampai hilang," kata Nizar.

Sejauh ini, progam sertifikat gratis atau redistribusi tanah ini, sudah menjadi bagian dari program strategis nasional dan bagian dari nawacita Presiden, untuk melegalitas atau memberikan kepastian hukum kepada masyarakat, terkait hak kepemilikan atas tanah.

Dengan terealisasinya pembagian sertifikat ini, tentunya bagian bukti bahwa koordinasi pemerintah daerah dengan BPN Lingga, Kecamatan, Desa, dan masyarakat terbangun dengan baik.

“Ini merupakan bentuk koordinasi kita bersama, sehingga penyerahan sertifikat tanah ini dapat terealisasi di Kabupaten Lingga khusus di Kecamatan Singkep Pesisir," papar Nizar.

Ia turut mengapresiasi atas hasil ini kepada semua pihak yang terlibat, terutama kepada BPN Lingga dalam berjibaku, menyegerakan program redistribusi tanah ini secara gratis.
(TribunBatam.id/Febriyuanda)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved