Breaking News:

INFO CUACA

Info Cuaca BMKG untuk Pulau Bintan saat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

BMKG menginformasikan prakiraan kondisi cuaca Pulau Bintan dan sekitarnya saat hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

TribunBatam.id/Endra Kaputra
CUACA KEPRI - Hujan di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Rabu (4/8/2021). BMKG menginformasikan kondisi cuaca Pulau Bintan saat hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah. 

BINTAN, TRIBUNBATAM.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang memprakirakan kondisi cuaca untuk Pulau Bintan saat hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Info cuaca yang disampaikan BMKG ini berlaku mulai 30 April hingga 2 Mei 2022.

Secara umum, analisis dinamika, suhu muka laut (Sea Surface Temperature atau SST) per tanggal 28 Maret 2022 di sekitar Perairan Kepulauan Riau khususnya di Perairan Pulau Bintan umumnya masih dalam kondisi yang hangat berkisar antara 30 - 32°C.

Sertaanomali SST cenderung positif di wilayah perairan Pulau Bintan yang bernilai antara 1.0 s.d. 2.0°C.

Indeks ENSO terupdate bernilai -0.62 dan dalam kondisi La Nina Lemah, sehingga tidak berpengaruh terhadap aktivitas konveksi di wilayah Pulau Bintan.

Kondisi ini diprakirakan kondisi mulai berangsur netral pada Juni - Juli 2022.

Baca juga: Prediksi Cuaca di Pulau Bintan 3 Hari Mendatang, Mulai Wilayah Bintan hingga Tanjungpinang

Baca juga: Pedagang Pasar Bintan Center Kewalahan Layani Pembeli, Warga Buru Santan Kelapa & Bumbu Masak

"Indeks Dipole Mode (DMI) terupdate masih bernilai +0.01, yaitu dalam kondisi Netral. Diprakirakan kondisi akan terus negatif pada Juni – Agustus 2022. Kondisi tersebut tidak berpengaruh terhadap peningkatan suplai uap air dan aktivitas konveksi di wilayah Indonesia bagian barat, khususnya wilayah Pulau Bintan," ujar prakirawan BMKG Tanjungpinang, Khalid Fiqri Nugraha Isnoor dalam keterangan yang diterima TribunBatam.id, Minggu (1/5/2022).

BMKG juga menyebutkan analisis per tanggal 28 April 2022 menunjukkan MJO dalam kondisi netral.

Kondisi ini mengindikasikan pada kondisi tersebut tidak berpengaruh terhadap peningkatan pertumbuhan awan konvektif di wilayah Indonesia bagian barat, termasuk Pulau Bintan.

Prakiraan Dasarian III April 2022, Aliran massa udara di wilayah Indonesia diprediksi didominasi oleh angin timuran kecuali di wilayah barat Sumatra, Kalimantan Barat bagian selatan dan Selat Makassar.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved