Breaking News:

DISKOMINFO KEPRI

Jadi Irup Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Tingkat Kepri, Ansar: Ayo Bangkit Bersama

Gubernur Kepri Ansar Ahmad membacakan pidato Menkominfo RI Johnny G. Plate saat jadi irup pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
Diskominfo Kepri untuk Tribun Batam
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad memimpin upacara bendera peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022 tingkat Provinsi Kepri di halaman Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang, Jumat (20/5/2022) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad memimpin upacara bendera peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022 tingkat Provinsi Kepri di halaman Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang, Jumat (20/5/2022).

Hari Kebangkitan Nasional tahun 2022 kali ini mengusung tema "Ayo Bangkit Bersama".

Membacakan pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate, Gubernur Ansar menyebutkan tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja.

"Insyaallah kita akan mengakhiri perjuangan menghadapi pandemi Covid-19. Ini saatnya kita harus bangkit dengan semangat Boedi Oetomo di masa lalu untuk memicu recovery kesehatan dan perekonomian," kata Gubernur Ansar.

Diperingatinya Hari Kebangkitan Nasional di tanggal 20 Mei setiap tahun, tidak terlepas dari hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo.
Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Didirikan oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908, Boedi Oetomo lahir untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain.

Baca juga: Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022, Pemkab Anambas Gelar Apel Gabungan

Baca juga: Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114, Gubernur Ansar Ziarah ke Makam Pahlawan


Organisasi ini menyatukan pergerakan di Indonesia dari yang bersifat kedaerahan menjadi nasional dengan tujuan akhir kemerdekaan.

"Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini," kata Ansar.

Di momen peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini pula, Gubernur Ansar mendorong generasi muda Kepri untuk terus meningkatkan kualitas agar bisa memiliki daya saing dalam menghadapi persaingan global.

"Ayo bangkit bersama, mari kita fokuskan memberikan semangat optimisme untuk anak-anak sekolah di bangku pendidikan, masa depan bangsa ini ada di tangan mereka," katanya. (Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved