Breaking News:

BATAM TERKINI

KABAR GEMBIRA! Tiap Hari Minggu, Imigrasi Batam Buka Layanan di Mal Botania 2

Kantor Imigrasi Kelas I khusus TPI Batam kembali membuka layanan paspor di lantai 2 Mal Botania 2, Batam tiap hari Minggu.

TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami
Sejumlah warga mengantre untuk mengurus paspor di Layanan Paspor Imigrasi Batam, Mall Botania 2, Minggu (22/5/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM id - Layanan pembuatan paspor dari Kantor Imigrasi Kelas I khusus TPI Batam kembali buka secara efektif di hari minggu.

Pelayanan Paspor di Hari Minggu atau yang disebut "Pasar Minggu" ini sebenarnya sudah sejak beberapa tahun lalu dibuka di lantai dua Mal Botania 2, kawasan Belian, Batam Kota, Kota Batam.

Namun, karena situasi pandemi Covid-19, layanannya sempat terhenti.

Barulah menjelang landainya kasus Covid-19 di Kota Batam, layanan Pasar Minggu Imigrasi Batam kembali beroperasi.

Hari Minggu (22/5/2022) ini, sudah banyak warga yang mengantre di loket layanan Pasar Minggu.

Ada beberapa warga yang memang berniat mengajukan pembuatan paspor baru, ada pula yang mengajukan perpanjangan.

"Layanan Pasar Minggu ini memang diperuntukkan bagi warga yang hanya sempat mengurus di akhir pekan saja. Karena kalau di jam kerja, pengurusannya bisa di Batam Center," jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelasi I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam, Subki Miuldi, ketika ditemui di lokasi.

Pasar Minggu ini merupakan wujud upaya Imigrasi Batam dalam memberikan layanan yang prima kepada masyarakat yang ingin mengajukan permohonan pembuatan paspor di hari Minggu, sehingga tidak perlu lagi khawatir jika tidak sempat mengurus di hari kerja.

Baca juga: Boni Ginting Jabat Ketua IKABSU Batam, Terpilih Secara Aklamasi

Baca juga: Boneka Beruang Saksi Bisu Aksi Bejat Alvian Rudapaksa Siswi 16 Tahun, Terancam 12 Tahun Penjara

Ini adalah salah satu dari beberapa layanan Imigrasi Batam dalam hal pengurusan paspor.

Selain ini, tersedia juga unit layanan paspor (UPL) di Harbour Bay Batu Ampar, dan layanan paspor kolektif Eazy Passport.

"Kalau di MB2 ini kami baru buka kuota untuk 20 orang. Animo masyarakat cukup tinggi, setiap minggu kuota itu selalu penuh. Ke depannya kami akan menambah lagi," ujar Subki.

Prosedur pengurusan paspor di Mall Botania 2, pemohon harus terlebih dulu mendaftar melalui nomor Whatsapp 0812-8583-1393 dengan format NAMA#NIK KTP#ALAMAT#JUMLAH PEMOHON#PASARMINGGU contoh MIDO#123456789101112#PERUM PERDAMAIAN BLOK A NO 1#2PEMOHON#PASARMINGGU.

Setelahnya, pemohon akan mendapat Whatsapp terkait jadwal dan lokasi bisa mengurus paspor tersebut. Untuk layanan Pasar Minggu di MB2 sendiri, jadwal bukanya mengikuti buka tutup mal.

Di dalam unit pelayanan ini, petugas akan memeriksa terlebih dahulu berkas-berkas pengurusan paspor, kemudian pemohon akan diminta mengisi formulir, menyerahkan formulir ke meja petugas, dan melakukan rekam sidik jari, foto, dan wawancara. Adapun biaya pembuatan paspor biasa Rp 355 ribu, dan paspor elektronik Rp 655 ribu.

Untuk info lebih lanjut, pemohon dapat menghubungi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam ke nomor 0813-6470-0070 atau Instagram @imigrasibatam. ( TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

 


 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved