Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Pemkab Anambas Bersiap Terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik

Kadiskominfotik Anambas Japrizal sebut, lewat Perpres No.95/2018, setiap daerah berkewajiban untuk membentuk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

tribunbatam.id/istimewa
Kepala Dinas (Kadis) Kominfotik Anambas, Japrizal 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Seiring perkembangan waktu, tata kelola pemerintahan semakin berbenah maju menuju pemerintahan satu digital.

Lewat Perpres No 95 Tahun 2018, mengamanatkan setiap daerah berkewajiban membentuk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Seperti halnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) juga akan menerapkan sistem tersebut.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kominfotik Anambas, Japrizal, Jumat (3/6/2022).

"Berdasarkan Perpres No. 95 Tahun 2018, setiap daerah berkewajiban untuk membentuk SPBE atas amanat Perpres tersebut. Sehingga kabupaten/kota harus membangun arsitektur-arsitektur SPBE," ujarnya.

Diterangkannya, nantinya setiap tahun Menpan RB akan menilai indeks SPBE tersebut saat mulai diterapkan.

"Nantinya setiap tahun Menpan akan menilai Indeks SPBE kita," ucap Japrizal.

Ia melanjutkan, dalam SPBE tersebut banyak proses bisnis yang tentunya mengarah pada rencana pembangunan daerah dalam 5 tahun ke depan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Baca juga: Harga Cabai Merah di Anambas Makin Pedas, Tembus Rp 100 Ribu per Kilogram

Baca juga: Bupati Anambas Bangga Kepesertaan JKN-KIS Capai UHC, Semoga Manfaatnya Bisa Dirasakan

"Tentu SPBE mengacu kepada itu (RPJMD). Misalnya SPBE ini untuk smart city 5 tahun ke depan, kalau RPJMD tidak ke arah situ, tak bisa. Tentu arsitektur SPBE ini dibangun harus ada dokumen SPBE-nya," jelasnya.

Adapun dokumen SPBE yang akan diterapkan oleh Kabupaten Anambas ini akan dibuat oleh konsultan yang bekerja sama dengan dinas.

"Kita akan meminta dokumen data informasi seluruh OPD, sudah sejauh mana pelaksanaan-pelaksanaan yang mengarah pada SPBE dari sisi teknologi informasi sesuai dengan RPJMD. Dokumen-dokumen itulah nanti kita minta, terus juga OPD-OPD nanti akan mengisi formulir," terangnya.

Lanjut Japrizal, setelah data informasi seluruh OPD didapat dan dikumpulkan, nantinya akan diolah melalui tahapan-tahapan, agar dokumen arsitektur SPBE tersebut dapat dibangun serta diselesaikan.

"Dah selesai dokumen SPBE, itulah yang menjadi pedoman dan acuan 5 tahun ke depan oleh seluruh OPD sesuai dengan RPJMD, sehingga sasaran pembangunan bisa terarah. Itu yang mau kita lakukan untuk saat ini," ujarnya. (Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved