Breaking News:

PPDB Bintan 2022, Kadisdik Prediksi Calon Siswa Baru Tingkat SD dan SMP Meningkat 5 Persen

Kadisdik Bintan Tamsir memprediksi calon siswa baru yang mendaftar pada PPDB 2022 meningkat 5 persen, seiring melandainya kasus covid-19 di Bintan

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Alfandi Simamora
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir memprediksi calon siswa baru yang mendaftar di tingkat SD, dan SMP pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 meningkat 5 persen 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir memprediksi calon siswa baru yang mendaftar di tingkat SD, dan SMP pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 meningkat 5 persen.

Peningkatan peserta PPDB ini diprediksi lantaran pandemi Covid-19 mulai berangsur membaik.

Selain itu tidak ada lonjakan kasus covid-19 di Kabupaten Bintan.

Sehingga kekawatiran orang tua selama 2 tahun belakangan, untuk memasukkan anaknya sekolah dari awal pandemi Covid-19 di tahun 2020, dan 2021 mulai berkurang.

"Tahun ini saya prediksi calon siswa baru bisa meningkat hingga 2-5 persen di Kabupaten Bintan," kata Tamsir belum lama ini.

Ia melanjutkan, ketika anak belajar dari rumah (BDR) sejumlah orang tua menggangap BDR seperti tidak sekolah, sehingga orang tua tidak memasukkan anaknya ke sekolah.

"Selain khawatir anaknya terjangkit kena virus Covid-19 di awal-awal tingginya kasus Covid-19, orang tua juga menganggap BDR seperti tidak sekolah. Sehingga sejumlah orang tua tidak mendaftarkan anaknya untuk sekolah," jelasnya, Senin (20/6/2022).

Ia mengatakan, di tahun 2021 lalu jumlah calon siswa baru yang masuk Sekolah Dasar (SD), dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sekitar 3.500 orang.

Baca juga: PPDB Natuna, Link Pendaftaran Online SMAN 1 Bunguran Timur, Terima 288 Peserta Didik

Baca juga: PPDB Online SMA/SMK Kepri 2022 Dibuka, SMAN 1 Singkep Lingga Buka 216 Kuota Siswa Baru

Sedangkan untuk calon siswa baru yang masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs) tahun 2021 lalu mencapai 3.200 orang.

"Untuk SD, MI di tahun ini bisa meningkat hingga 3.800 orang siswa baru. Kalau SMP, MTs bisa meningkat hingga 3.400 orang," jelasnya.

Menurut Tamsir, dengan peningkatan jumlah calon siswa baru itu, siswa masih bisa tertampung di sekolah yang ada.

Saat ini jumlah SDN dan swasta di Bintan sebanyak 97 sekolah.

Dari jumlah itu, SD Negeri ada 87 sekolah dan swasta 10 sekolah yang tersebar di Bintan.

Sementara untuk SMP Negeri dan swasta berjumlah 35 sekolah.

Dari jumlah itu SMP Negeri ada 28 sekolah, dan swasta 7 sekolah yang tersebar di Bintan.

"Jadi meskipun ada peningkatan 5 persen calon siswa baru di tingkat SD dan SMP tahun ini, daya tampung masih memadai," tutupnya. (tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved