Breaking News:

BINTAN BANGKIT

INGIN Mandiri Seperti BP Batam, BP Bintan Bakal Kelola Kawasan Pelabuhan Teluk Sasah

Badan Pengusahaan (BP) Kawasan FTZ Bintan berencana mengelola kawasan pelabuhan Teluk Sasah di Kecamatan Seri Koala Lobam, Kabupaten Bintan.

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Tri Indaryani
Diskominfo Bintan
Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menggelar audiensi dengan Kepala BP Kawasan FTZ Bintan Farid Irfan Siddiq di ruang rapat 1 Kantor Bupati Bintan, Rabu (22/6/2022). 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Badan Pengusahaan (BP) Kawasan FTZ Bintan berencana mengelola kawasan pelabuhan Teluk Sasah di Kecamatan Seri Koala Lobam, Kabupaten Bintan.

Kepala BP Kawasan FTZ Bintan, Farid Irfan Siddiq menuturkan, secara perlahan BP Kawasan FTZ Bintan ingin mengelola sektor bisnis agar ke depannya bisa mandiri seperti BP Batam. 

"Salah satunya dengan mengelola pelabuhan. Soalnya BP Pinang sudah mengusulkan (Pembangunan pelabuhan), jadi kita jangan sampai kalah dengan Pinang," ucap Farid saat  audiensi dengan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan di ruang rapat 1 Kantor Bupati Bintan, Rabu (22/6) siang kemarin.

Pelabuhan Teluk Sasah merupakan aset Pemkab Bintan, sementara lahan di sekitar pelabuhan merupakan milik UPP Tanjunguban.

"Maka dari itu perlu didudukkan, agar pelabuhan Teluk Sasah bisa dikembangkan dan dikelola sebagai sumber pendapatan," ucapnya.

Selain mengelola pelabuhan Teluk Sasah, BP Kawasan Bintan juga merencanakan untuk peningkatan akses jalan menuju pelabuhan tersebut.

Baca juga: Pengusaha Sektor Perikanan Dapat Bimtek, Cara Pemkab Bintan Tingkatkan SDM

"Jadi untuk mendukung pengelolaan pelabuhan, kita juga akan tingkatkan akses jalan menuju pelabuhan Teluk Sasah itu," terangnya.

Farid juga menjelaskan, nanti akan dibangun jalan standar selebar 12 meter dari mulai simpang RSUD Busung menuju pelabuhan Teluk Sasah dengan estimasi anggaran yang bersumber dari APBD sebesar Rp 4,9 miliar.

"Tapi saat ini, terganjal masalah pembebasan lahan dimana sebagian besar lahan milik PT SBP. Kami mohon bantuan Pak Bupati," ungkapnya.

Di tempat yang sama Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan menyambut baik wacana pembangunan BP Kawasan FTZ Bintan yang mendukung sektor pariwisata dan industri yang ada di Kabupaten Bintan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved