Breaking News:

INFO PENERBANGAN

Syarat Naik Pesawat Rute Domestik Terbaru dengan Maskapai Lion Air, Garuda dan Citilink 23 Juni 2022

Calon penumpang pesawat wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk proses pemeriksaan dokumen persyaratan penerbangan di bandara

TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi
PENUMPANG PESAWAT - Sejumlah penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam beberapa waktu lalu. Syarat penerbangan saat ini masih mengacu pada SE Satgas Covid-19 No 18 tahun 2022 serta SE Kemenhub No 56 tahun 2022. 

TRIBUNBATAM.id - Syarat penerbangan di masa pandemi saat ini masih mengacu pada dua surat edaran yang ditetapkan pemerintah, yakni SE Satgas Covid-19 No 18 tahun 2022 serta SE Kemenhub No 56 tahun 2022.

Dengan demikian, calon penumpang pesawat masih tetap mengikuti serangkaian persyaratan untuk bisa menggunakan jasa transportasi udara tersebut.

Salah satu aturan yang harus diikuti calon penumpang pesawat di antaranya mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk proses pemeriksaan dokumen persyaratan penerbangan.

Melalui aplikasi tersebut, akan terdeteksi apakah masyarakat sudah atau belum menerima vaksinasi Covid-19.

Kemudian, calon penumpang pesawat juga diwajibkan mengisi Electronic Health Alert Card atau e-HAC, yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh di Android dan iOS.

Masing-masing maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia juga telah menjelaskan dengan rinci syarat agar masyarakat bisa mengikuti penerbangan mereka.

Sebut saja maskapai Lion Air, Garuda Indonesia dan Citilink, yang selalu update syarat yang harus dilengkapi calon penumpangnya.

Baca juga: INFO LION AIR: Syarat dan Aturan Check-In dari Aplikasi serta Syarat Penerbangan Domestik Terbaru

Baca juga: Terdengar Menyeramkan, Apa Itu Penerbangan Hantu atau Ghost Flight? Ini Penjelasannya

Berikut ini Tribun Batam rangkum syarat penerbangan dengan tiga maskapai di beroperasi di Indonesia tersebut, terutama untuk rute domestik.

Sebab, calon penumpang diimbau mempersiapkan sejumlah dokumen selain tiket dan KTP sebelum menuju bandara keberangkatan.

Dilansir dari situs resmi masing-masing maskapai, berikut aturan dan persyaratan penerbangan dengan ketiga maskapai tersebut:

Syarat Naik Pesawat Lion Air Rute Domestik

1. Vaksin dosis kedua atau tiga tidak wajib tes Antigen/PCR

2. Dosis pertama vaksin wajib melampirkan hasil Antigen berlaku 1x24 jam atau PCR yang berlaku 3x24 jam

3. Belum/tidak dapat vaksin wajib melampirkan hasil negatif tes PCR (maksimal 3x24 jam) atau Antigen (1x24 jam) serta surat dokter dari Rumah Sakit Pemerintah

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved