Breaking News:

INFO CUACA

Waspada Gelombang Tinggi Capai 2 Meter di Laut Natuna, BMKG Larang Nelayan Melaut

BMKG Ranai imbau nelayan tak melaut dulu jika cuaca tidak mendukung. Pasalnya dalam sepekan ini gelombang tinggi capai 2 meter di Laut Natuna

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Dewi Haryati
DOK TRIBUNWOW
Ilustrasi Info Cuaca. Waspada Gelombang Tinggi Capai 2 Meter di Laut Natuna, BMKG Larang Nelayan Melaut 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ranai mengimbau agar nelayan Natuna tetap waspada saat mencari ikan di laut Natuna.

Pasalnya, BMKG Ranai memprediksi gelombang mencapai 2 meter di perairan Natuna.

Ketinggian gelombang laut hingga dua meter tersebut, diperkirakan akan berlangsung selama sepekan ke depan mulai Jumat (24/6/2022).

Maka dari itu, masyarakat diimbau agar waspada saat beraktivitas di laut.

Adapun lokasi perairan yang akan mengalami gelombang tinggi meliputi, Laut Natuna Utara, perairan Kepulauan Natuna, perairan Kepulauan Subi-Serasan dan Laut Natuna.

Prakirawan BMKG Ranai, Resa Agna F. Denryanto menjelaskan, secara umum tinggi rendahnya gelombang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Satu di antaranya kondisi angin.

Berdasarkan data model INAWAVES BMKG, kondisi angin di sekitar wilayah Laut China Selatan cukup kencang yaitu mencapai 20 hingga 30 knot.

Menurutnya, kondisi itu dapat menyebabkan adanya perpindahan energi dari wilayah Laut China Selatan menuju wilayah perairan Anambas dan Natuna.

Baca juga: Penumpang Speedboat Anambas Histeris Mesin Mati saat Cuaca Buruk

Baca juga: BMKG Ingatkan Potensi Banjir dan Tanah Longsor di Anambas Dalam Sepekan ke Depan

Sehingga mempengaruhi tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut, khususnya gelombang yang disebabkan oleh angin dari wilayah lainnya (swell).

Selain itu, untuk beberapa hari ke depan, adanya daerah konvergen di sekitar Laut Natuna Utara dan daerah shearline di Laut Natuna.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved