Breaking News:

LINGGA TERKINI

Siswa SMAN 1 Singkep Lingga Cetak Prestasi di Kompetisi Tingkat Internasional IABO

Siswa SMAN 1 Singkep Lingga itu cetak prestasi dengan bawa pulang medali perunggu dari kompetisi tingkat internasional IABO yang digelar di Bali

Penulis: Febriyuanda | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Siswa SMAN 1 Singkep Lingga, Muhammad Daffa Al Ghaffar (17) mempresentasikan gagasannya saat mengikuti kompetisi finalis IABO di Swiss-BelHotel, Tuban, Denpasar Bali, Senin (4/7/2220). 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Seorang siswa SMA Negeri 1 Singkep mengharumkan nama Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) hingga tingkat internasional.

Siswa berprestasi asal SMAN 1 Singkep itu bernama Muhammad Daffa Al Ghaffar (17).

Ia mampu menyaingi sebanyak 120 peserta finalis dari 10 negara yang mengikuti kompetisi International Applied Biology Olympiad (IABO).

Di kompetisi itu, Daffa mengadu gagasan dan inovasinya di bidang aplikasi bioteknologi biologi. Ia mempresentasikannya di hadapan para juri profesional di Swiss-BelHotel, Tuban, Denpasar Bali, Senin (4/7/2022).

Bentuk kegiatannya berupa 'Kupas Tuntas Study Case Tentang Penyakit bagian Bidang Kedokteran'.

Baca juga: Gasing Lingga Permainan Tradisional yang Masih Eksis, Ajarkan Fokus dan Kompak

Dalam kompetisi itu, Daffa yang mempersentasikan penelitiannya menggunakan Bahasa Inggris. Daffa mampu membuat para audiensi serta juri memberikan standing applause terhadapnya.

Dengan usaha yang dijalani, pelajar yang baru naik kelas 12 SMA ini mendapatkan medali perunggu.

Dalam percakapan singkat melalui telepon WhatsApp, Daffa mengatakan dirinya tidak menyangka bisa menjuarai ajang olimpiade biologi tersebut.

"Saya sama sekali tidak menyangka bisa juara 3. Berkat doa dan support dari keluarga serta guru, saya bisa berhasil seperti ini," ungkapnya dengan rasa haru.

Dari hasil perlombaan tersebut, Daffa berharap prestasi yang didapatnya bisa menjadi motivasi bagi siswa lainnya.

Ia juga berharap, bisa mendapatkan perhatian khusus dari Dinas Pendidikan dan pihak sekolah untuk memberikan buku gratis, dalam menunjang aktivitas belajar.

"Sebenarnya banyak yang lebih hebat dan pintar dari saya, tapi Alhamdulillah saya mampu menjadi juara di kompetisi itu," ucapnya. (TribunBatam.id/Febriyuanda)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved