Breaking News:

KECELAKAAN DI KARIMUN

KECELAKAAN DI LAUT, Tugboat Tujuan Malaysia Tenggelam di Perairan Selat Durian Karimun

Sebuah tugboat bernama Dzakiyyah Marine 99 tujuan Selat Malaka Malaysia tenggelam saat akan untuk menjemput Tugboat miliknya yang rusak.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Proses evakuasi kru Tugboat Dzakiyyah Marine 98 oleh anggota Lanal Tanjungbalai Karimun, Sabtu (23/7/2022). 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai Karimun mengevakuasi tugboat yang tenggelam di perairan Selat Durian, Kabupaten Karimun.

Pasi Ops Lanal Tanjungbalai Karimun, Kapten Laut (P) Endy, mengungkap kronologi tenggelamnya tugboat, Sabtu (23/7/2022).

"Bermula Tugboat Dzakiyyah Marine 99 berangkat dari perairan Bengkalis tujuan Selat Malaka Malaysia untuk menjemput Tugboat miliknya yang rusak," ujarnya.

Dalam perjalanan dari Bengkalis, di perairan Selat Malaka kapal tersebut justru tenggelam, pada posisi 02-19.1'U / 101-41.3 'S pukul 22.25 WIB, Jumat (22/7/2022).

Ia menjelaskan, kapal tersebut tenggelam karena mengalami kebocoran, hingga diterjang gelombang tinggi akibat cuaca buruk saat memasuki laut Selat Malaka atau di sekitar perairan pulau Rupat.

Baca juga: Polisi Tangkap Empat Pelaku di Balik Insiden Kapal PMI Tenggelam di Batam, Juni Lalu

"Saat dievakuasi kondisi kapal tugboat itu telah tenggelam seluruhnya, dan tujuh kru atau Anak Buah Kapal (ABK) kami bawa ke lanal Tbk untuk dicek kesehatannya," ujarnya.

Sementara nahkoda TB Dzakiyyah Marine 99, Ade Kurniawan, juga menjelaskan kronologi tenggelamnya tugboat yang saat itu tengah dibawanya.

Ia menambahkan, selain mengalami kebocoran, kapal yang dikemudikannya itu juga mengalami kemacetan pada mesin air.

"Saat itu kapal juga bocor, lama-lama semakin miring. 10 menit setelah kami dievakuasi kapal itu tenggelam seluruhnya," ujarnya.

Sebelum dievakuasi oleh Lanal Tanjungbalai Karimun, pihaknya sempat meminta tolong ke kapal tanker KM Tanto Bersinar yang saat itu melintas.

Kemudian tiga armada kapal milik Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun langsung terjunkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi lanjutan terhadap seluruh awak kapal TB Dzakiyyah Marine 99. (TRIBUNBATAM.id / Yeni Hartati)


 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved