Breaking News:

BINTAN TERKINI

Damkar Bintan Timur Akan Evakuasi Buaya 1,5 Meter dari Kolam Warga di Sungai Lekop

Pemilik kolam, Udin sebut buaya 1,5 meter itu sudah hampir 5 bulan berada di kolam yang berada di Sungai Lekop Bintan. Ia minta damkar evakuasi buaya

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Alfandi Simamora
Suasana saat tim UPT. Damkar Bintan Timur saat akan mengevakuasi buaya yang masuk ke dalam kolam warga di Kampung Jawa RT4/RW02 Sungai Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Selasa (26/7/2022) 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Tim UPT Damkar Bintan Timur akan mengevakuasi buaya dari sebuah kolam milik warga di Kampung Jawa RT4/RW02 Sungai Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Selasa (26/7/2022).

Pemilik kolam, Udin menuturkan, buaya itu sudah hampir 5 bulan berada di kolamnya.

Menurutnya, buaya itu masuk ke dalam kolam miliknya ketika banjir besar yang terjadi di Bintan 5 bulan lalu.

"Jadi buaya itu terbawa arus diduga dari kolam Korindo yang memang banyak buaya. Soalnya aliran air di sini ke sana juga," terangnya.

Udin menyebutkan, buaya itu sudah sering muncul di kolam ketika dirinya hendak mengambil air bersih dari kolam, dan memompa air ke kebunnya.

"Saya khawatir buaya itu menyerang saya, dan jadi bersarang dan berkembang biak di kolam saya. Jadi untuk mengantisipasi itu saya minta tolong ke pihak Damkar untuk dievakuasi," terangnya.

Menurut Udin, untuk ukuran buaya yang masuk ke dalam kolamnya sekitar 1,5 meter lebih.

Baca juga: Pulau Bintan Punya Balai Rehabilitasi Narkoba, Sinergi Pemkab dan Kejaksaan

"Kalau ukurannya sekitar 1,5 meter lebih ketika muncul," jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Damkar Bintan Timur, Nurwendi menuturkan, bahwa pihaknya mendapatkan informasi dari warga terkait ada buaya masuk ke dalam kolam warga.

"Jadi kita dapat informasi dari warga beberapa hari kemarin, kebetulan hari ini tidak hujan kita mencoba melakukan evakuasi," terangnya.

Lanjutnya, saat ini pihaknya sedang melakukan proses pengeringan kolam untuk mengevakuasi buaya.

"Soalnya kolamnya masih banyak air, dan buayanya masih belum terlihat. Jadi saat ini kita masih menunggu air surut sekitar 2-3 jam. Nanti kita memantau lagi ke lokasi," jelasnya.(tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved