Breaking News:

Adhya Tirta Batam

Tingkatkan Efisiensi Energi Bersama ATB, BUMD Air Minum Sehat dan Bumi Selamat

PT Adhya Tirta Batam (ATB) membuat program pendampingan teknis untuk efisiensi energi bagi BUMD Air Minum di Indonesia untuk meningkatkan performa.

ISTIMEWA
ATB merupakan perusahaan yang telah mampu melakukan efisiensi penggunaan energi. Salah satunya dengan memastikan sistem pemompaan dapat bekerja lebih intuitif dan responsive, sehingga lebih efisien. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id – PT Adhya Tirta Batam (ATB) mencetuskan program pendampingan teknis untuk efisiensi energi bagi BUMD Air Minum di Indonesia.

Program ini diharapkan membantu meningkatkan performa BUMD Air Minum, sekaligus mendorong upaya menyelamatkan bumi dengan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Pengelolaan air bersih memiliki hubungan intrinsik dengan penggunaan energi.

Energi diperlukan untuk menjamin ketersediaan air tersedia. Mulai dari pemompaan dan pengolahan di sisi hulu, distribusi  air kepada pelanggan, dan lain sebagainya.

“Karena itu, tak heran bila rata-rata biaya energi dapat mencapai 40 persen dari biaya operasi,” ujar Head of Corporate Secretary PT Adhya Tirta Batam (ATB), Maria Jacobus.

Di sisi lain, bahan bakar fosil menjadi sumber sebagian besar energi yang dihasilkan saat ini, proses pengelolaan air secara tidak langsung bertanggung jawab untuk menghasilkan sejumlah besar gas rumah kaca dan berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Padahal, Indonesia merupakan negara yang menyadari konsekuensi buruk dari gas rumah kaca terhadap perubahan iklim Negara ini telah menargetkan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen pada tahun 2030.

Karena itu, program efiiensi energi di BUMD Air Minum menjadi penting.

Namun, belum banyak perusahaan yang telah berhasil mengimplementasikan program riil terkait efisiensi energi di industri air bersih.

ATB merupakan perusahaan  air bersih yang telah berhasil mencapai efisiensi yang cukup besar dalam melalui pemanfaatkan teknologi digital yang cerdas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved