Breaking News:

LINGGA TERKINI

JUMLAH Pesanan Tudung Manto Membludak, Bupati Lingga Bakal Tambah 100 Pengrajin

Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengaku sedang mengupayakan menambah 100 pengrajin baru pembuat tudong manto untuk memenuhi pesanan yang membludak.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Febriyuanda
Para pengrajin Tudung Manto sedang mengerjakan pesanan di Gerai Dekranasda Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Akibat membludaknya pesanan konsumen, saat ini pengrajin Tudung Manto di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengaku keteteran dalam menyelesaikan pesanan konsumen.

Apalagi, pesanan yang datang saat ini tak hanya dari lokal daerah Lingga saja tapi sudah sampai luar daerah bahkan dari mancanegara.

Sayangnya, membludaknya jumlah pesanan itu tidak dibarengi dengan ketersediaan jumlah pengrajin penutup kepala khas Lingga tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Kabupaten Lingga, Maratusholiha saat ditemui di ruangannya baru-baru ini.

Selanjutnya, saat dikonfirmasi soal kekurangan jumlah pengrajin tersebut, Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengungkapkan, saat ini pihaknya masih mengejar target untuk memiliki 100 pengrajin Tudung Manto di Kabupaten Lingga.

Upaya itu sudah dimulai lewat program Dekranasda yang berkolaborasi dengan Dinas Ketenagakerjaan lewat pelatihan pembuatan Tudung Manto beberapa waktu lalu.

"Untuk penghujung tahun 2022 nanti, Insyaa Allah akan menambah lagi 25 orang untuk pengrajin," kata Nizar kepada TRIBUNBATAM.id.

Baca juga: Serap 12 Ribu Pekerja, BP Batam Dukung Penuh Kegiatan Industri McDermott

Dia pun menyebutkan, upaya mencetak 100 pengrajin di masa kepemimpinan Nizar-Neko akan tercapai pada tahun 2023 nanti.

"Ditambah lagi beberapa waktu yang lalu dari Dinas Pendidikan melalui program Life Skill, yang anggarannya bersumber dari APBN dan mereka sudah menempatkan Rumah Tudung Manto juga," kata Nizar.

Melalui program Disdik itu, Nizar mengungkapkan bahwa tahun 2023 bakal diadakan lagi pelatihan Tudung Manto, yang bersumber dari dana APBN.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved