Breaking News:

NATUNA TERKINI

Lanal Ranai Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Natuna saat HUT ke 77 RI

Lanal Ranai menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Penulis: Muhammad ilham | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA LANAL RANAI
Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut dalam rangka memperingati HUT ke 77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022) di Selat Lampa, Perairan Laut Natuna Utara. 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut dalam rangka memperingati HUT ke 77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022) di Selat Lampa, Perairan Laut Natuna Utara.

Pengibaran bendera bawah laut ini dilaksanakan di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut  secara serentak di 77 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Lanal Ranai sebagai peserta pengibaran bendera merah putih di bawah laut dengan nomor urut 60 dari 77 peserta.

Pengibaran bendera ini dilakukan di bawah laut dengan kedalaman kurang lebih enam meter.

Di samping itu juga dilaksanakan pembentangan bendera merah putih di permukaan air laut dengan ukuran 6 X 9 meter oleh peserta upacara  dan Pramuka Saka Bahari Lanal Ranai.

Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I mengatakan, upacara pengibaran bendera merah putih di laut merupakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajarannya agar memeriahkan HUT ke -77 Republik Indonesia  dan menguatkan semangat nasionalisme.

"Kasal Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan semua jajaran TNI Angkatan Laut untuk melaksanakan pengibaran bendera merah putih di bawah laut bertepatan pada 17 Agustus 2022 di 77 titik di seluruh Indonesia," kata Danlanal saat dikonfirmasi TRIBUNBATAM.id, di Gedung Daerah Kabupaten Natuna, usai mengikuti Upacara Pengibaran Bendera, Rabu (17/8/2022).

Danlanal Ranai menyampaikan salah satu titik yaitu titik ke 60 ada di Ranai yang pelaksanakannya di Perairan Selat Lampa yang mana melibatkan unsur-unsur TNI - Polri dan instansi lain dan beberapa kelompok selam.

Untuk bendera merah putih yang dikibarkan di laut dengan ukuran panjang 1,5 meter dan lebar 1 meter dengan tinggi tiang bendera 5 meter, untuk kedalaman pelaksanaan penyelaman minimal 5 meter.

"Pelaksanaan penyelaman di kedalaman 5 sampai dengan 6 meter dekat Faslabuh Selat Lampa  karena kita mempertimbangkan lokasi tersebut adalah terkait dengan arus, kita sudah mencari beberapa sport titik selam, sementara titik yang paling mudah untuk melaksanakan penyelaman itu ada di perairan Faslabuh Selat Lampa," katanya.

Sebagai Komandan Lanal Ranai yang bertugas di wilayah Ujung Utara Indonesia, Danlanal Arif Prasetyo menegaskan bahwa Ranai dan Natuna adalah bagian dari Indonesia Raya.

"Walaupun Ranai ada di ujung negeri bagian Utara, namun kini jiwa raga rakyat Natuna adalah tetap NKRI.  Sekali lagi NKRI harga mati," jelas Danlanal.

Upacara tersebut melibatkan total sebanyak 97 orang dengan  21 penyelam peserta upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut, yang terdiri dari personel Lanal Ranai, Satgas Kompi Komposit Marinir Setengar, Denhanud 477 Kopasgat,  Batalyon Komposit  Gardapati, Basarnas, Bakamla, persatuan penyelam JBN (Jelajah Bahari Natuna) dan LKBN (Lembaga Kantor Berita Nasional) Antara Natuna.

Turut serta juga penyelam termuda yang baru berusia 12 tahun dari siswa kelas 7 SMP Negeri 1 Bunguran Timur atas nama  Wynnie menjadi peserta upacara pengibaran bendera di Faslabuh Selat Lampa Laut Natuna Utara. (TRIBUNBATAM.id/Muhammad Ilham)

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved