Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Lanal Tarempa Kibarkan Bendera Merah Putih di Laut Anambas Kedalaman Delapan Meter

Dalam rangka HUT RI, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa juga turut berpartisipasi mengibarkan bendera merah putih di dasar laut Anambas.

TRIBUNBATAM.id/NOVEN SIMANJUTAK
Potret pasukan pengibar bendera di dasar laut oleh Lanal Tarempa, di taman wisata Batu Lepe, Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (17/8/2022). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - TNI Angkatan Laut turut serta dalam memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia yakni dengan mengibarkan bendera merah putih di dasar laut dari sabang hingga merauke nusantara.

Sebagaimana usia kemerdekaan Indonesia pada tahun ini, TNI AL juga turut menetapkan angka 77 sebagai titik lokasi pengibaran sang saka merah putih di dasar laut Indonesia.

Seperti di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa juga turut berpartisipasi mengibarkan bendera merah putih di dasar laut.

Sebagai wilayah terdepan di ujung Laut Cina Selatan, Lanal Tarempa masuk dalam posisi ke 61 wilayah pengibaran bendera Indonesia, dari 77 titik lokasi yang ditetapkan.

Pengibaran bendera merah putih di sana, berlansung di perairan kawasan taman wisata Batu Lepe, Dusun Antang, Desa Tarempa Timur.

Pantauan Tribunbatam.id, Rabu (17/8/2022) di perairan berkedalaman lebih kurang lima meter itu, tampak lima unit kapal yang terdiri dari kapal cepat milik Lanal dan beberapa di antaranya milik Basarnas terparkir di area pengibaran.

Petugas pengibar bendera di sana yang telah bersiap dengan segala atribut selam, satu persatu melompat ke dalam dasar laut untuk melaksanakan upacara HUT ke-77 RI.

Baca juga: Rayakan HUT 77 RI, Lanal Dabo Singkep Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Lingga

Dengan kejernihan laut yang dimiliki Anambas, terlihat jelas para pasukan pengibar bendera mengatur formasi dan beberapa di antaranya mengaitkan bendera di tiang yang telah terpasang sebelumnya.

Disaksikan oleh sejumlah unsur Forkopimda Anambas dan beberapa warga, bendera sepanjang lima meter berkibar di dasar laut wilayah terluar perbatasan tiga negara itu.

Danlanal Tarempa Letkol Yovan Arhdianto Yusuf membenarkan, bahwasanya pelaksanaan pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT ke-77 RI oleh TNI AL, dilaksanakan secara serentak di 77 titik se Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved