Breaking News:

BINTAN TERKINI

Pulau Bintan Waspada PMK, Satgas Klaim 100 Persen Ternak Sudah Dapat Vaksin

Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bersama DKPP Bintan mengklaim jika hewan ternak telah 100 persen mendapat vaksin PMK tahap pertama.

TribunBatam.id/Dokumentasi Satgas PMK Bintan
Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bintan saat memberi vaksinasi PMK tahap pertama. Mereka mengklaim capaian vaksinasi PMK tahap pertama pada hewan ternak sudah 100 persen. 

BINTAN, TRIBUNBATAM.id - Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mewaspadai Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Melalui Satgas Penanganan PMK bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bintan, mereka mengklaim sudah 100 persen memberi vaksinasi PMK tahap pertama terhadap ternak sapi dan kambing warga.

Adapun jumlah hewan ternak di Bintan yang sudah mendapat vaksin PMK 100 persen di tahap pertama, yakni 290 sapi dan 73 kambing.

"Dari jumlah itu sudah tervaksin semua untuk tahap pertama," terang Pejabat Otoritas Veteriner Kabupaten Bintan, drh. Iwan Berri Prima, Kamis (18/8/2022).

Hewan yang telah divaksin PMK adalah hewan yang sehat, cukup usia dan berbobot badan ideal atau normal berdasarkan diagnosa dari dokter hewan.

Baca juga: Cegah PMK, Dinas Pangan dan Pertanian Karimun Data Hewan Ternak untuk Divaksin

Baca juga: Waspada PMK, Tim Satgas Batam Awasi Kesehatan Hewan Kurban Tersisa di Kandang

"Sedangkan hewan yang sakit, di bawah usia 3 bulan dan terlalu kurus, tidak kita vaksin. Mereka tidak kita jadikan sebagai target," terangnya.

Iwan menambahkan, pelaksanaan vaksinasi PMK tahap kedua akan digelar pada bulan depan.

Dalam pelaksanaan vaksinasi PMK, sedikitnya 13 petugas teknis kesehatan hewan.

Rinciannya terdiri dari tiga dokter hewan dan 10 vaksinator serta pencatat.

"Jadi terkait vaksinasi tahap dua, nanti satu bulan lagi baru kita laksanakan kembali terhadap hewan ternak sapi dan kambing warga di bintan. Kita juga dibantu oleh tim dari satgas PMK Bintan, terutama dari Kepolisian, TNI, BIN, dan Karantina Pertanian Tanjungpinang," tutupnya.(TribunBatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved