Breaking News:

NURDIN BASIRUN BEBAS

Mantan Gubernur Kepri Nurdin Basirun Diperkirakan Tiba di Karimun Siang Ini

Dari informasi yang didapat Tribunbatam.id di lapangan, dari Batam Mantan Gubernur Kepri Nurdin Basirun diperkirakan tiba di Karimun pukul 12.30 WIB

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
Tribunbatam.id/YeniHartati
Suasana di Pelabuhan Domestik Karimun sebelum kedatangan rombongan penjemputan Mantan Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Sabtu (20/8/2022). 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Mantan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun akan pulang kampung ke Kabupaten Karimun, Sabtu (20/8/2022) setelah bebas dari penjara.

Berdasarkan informasi yang didapat Tribunbatam.id di lapangan, dari Batam Nurdin Basirun diperkirakan tiba di Karimun pukul 12.30 WIB.

"Lepas tali di Karimun perkiraan sampai 12.30 WIB," ujar Yova Apriazir, Mantan Ajudan Nurdin Basirun.

Pantauan di lapangan, saat ini di Pelabuhan Domestik Karimun belum terlihat adanya rombongan penjemputan dari Mantan Gubernur Kepri periode 2016-2019 itu.

Sementara itu, Nyimas Novi Ujiani anggota DPRD Karimun, bersama suaminya, Sabari Basirun (abang Nurdin Basirun), juga turut menjemput Nurdin Basirun di Bandara Hang Nadim Batam.

Nyimas mengatakan, kembalinya Nurdin ke Kepri khususnya di Karimun menjadikan momen yang sangat dinantikan.

Baca juga: Foto Penyambutan Mantan Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Bandara Hang Nadim Batam

"Beliau adalah sosok yang tidak pernah lepas dari ingatan masyarakat. Maka secara pribadi dan atas nama keluarga menyampaikan kepada masyarakat, untuk senantiasa berdoa agar Bang Din diberikan kemudahan dan kesehatan untuk kembali ke Karimun," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Nurdin Basirun divonis hukuman empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider tiga bulan kurungan penjara oleh Majelis Hakim pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Nurdin dinyatakan terbukti menerima suap dan gratifikasi terkait izin prinsip pemanfaatan ruang laut di wilayah Kepri.

Dalam putusan, Nurdin dinyatakan terbukti menerima suap sebesar Rp. 45 juta dan 11.000 dollar Singapura secara bertahap terkait izin prinsip pemanfaatan ruang laut di wilayah Kepri.

Baca juga: Nurdin Basirun Terharu Dapat Sambutan di Batam, Ternyata Masyarakat Masih Sayang

Uang itu diberikan melalui Edy Sofyan selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri, dan Budy Hartono selaku Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri.

Selain itu, ia juga dinilai terbukti menerima gratifikasi senilai Rp 4,22 miliar dari berbagai pihak dalam kurun waktu 2016-2019 selama masa jabatannya.

Nurdin Basirun mendapat pembebasan bersyarat dari Lapas Sukamiskin, pada Jumat (19/8/2022) lalu. (TRIBUNBATAM.id / Yeni Hartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved