Breaking News:

KECANTIKAN

4 Bahan Alami Bantu Hilangkan Jerawat, Gunakan Teh Hijau hingga Lidah Buaya

Setidaknya ada empat cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dan telah dibuktikan dengan beberapa studi oleh ahli.

stylo.id
Ilustrasi jerawat - Setidaknya ada empat cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dan telah dibuktikan dengan beberapa studi oleh ahli. 

TRIBUNBATAM.id - Beberapa kasus mendapati obat jerawat yang digunakan menimbulkan efek samping, seperti iritasi kulit atau kulit kering. 

Hal itu pun mengakibatkan tidak sedikit yang beralih ke cara alternatif untuk menghilangkan jerawa, dengan cara mengaplikasi tanaman atau tumbuhan tertentu.

Meski demikian, dari banyaknya obat jerawat alami yang disebut-sebut ampuh, hanya segelintir yang terbukti secara ilmiah dapat membantu menghilangkan jerawat

Pemakaian yang sesuai dan mengkombinasikan dengan bahan yang tepat akan mendapatkan hasil lebih maksimal.

Dilansir dari Healthline, setidaknya ada empat cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat dan telah dibuktikan dengan beberapa studi.

Baca juga: 5 Buah-buahan yang Ampuh Mengatasi Masalah Jerawat, Cobalah Konsumsi Rutin

Baca juga: 10 Penyebab Timbulnya Jerawat yang Wajib Tahu, Termasuk Begadang dan Detergen

1. Tea tree oil

Tea tree oil yang diesktrak dari tumbuhan bernama Melaleuca alternifolia ini sebenarnya dikenal dengan keampuhannya melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit.

Kendati demikian, minyak yang dapat membantu melawan dua jenis bekteri penyebab jerawat seperti P. acnes dan S. epidermidis ini rupanya tidak bisa sembarang dipakai.

Pasalnya, tea tree oil dapat mengakibatkan beberapa efek samping, seperti kekeringan, iritasi, dan sensasi terbakar.

Untuk itu, tea tree oil perlu diencerkan dengan minyak bernama carrier oil sebelum dipakai.

Jika ingin menggunakannya, kita tinggal mencampurkan setetes tea tree oil dengan satu sendok teh carrier oil dan gunakan cotton bud untuk mengaplikasikannya langsung ke jerawat.

2. Minyak esensial

Minyak esensial lain, seperti minyak mawar, lavender, kayu manis, dan clove pun dapat membantu menghilangkan jerawat karena kandungan antibakteri dan anti peradangan di dalamnya.

Namun sama seperti tea tree oil, minyak esensial ini dapat menyebabkan iritasi jika diaplikasikan langsung ke kulit.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved