Breaking News:

Bank Indonesia Kepri

BI Kepri Luncurkan Pasar dan Pusat Perbelanjaan SIAP QRIS pada Puncak Acara Pekan QRIS Nasional 2022

Acara Pekan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau (Kepri)

Ist
Prosesi peluncuran pasar dan pusat perbelanjaan SIAP QRIS dalam Acara Puncak Pekan QRIS Nasional 2022, di One Batam Mall, Batam Center, Kota Batam, Sabtu (20/8/2022). 

TRIBUNBATAM.id, Batam - Acara Pekan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau (Kepri) berlangsung sukses sejak tanggal 15 sampai 20 Agustus 2022.

Acara ini merupakan bagian dari Pekan QRIS Nasional 2022 yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. Event tersebut tersusun atas rangkaian kegiatan menarik yang bertujuan untuk meningkatkan penggunaan QRIS, baik dari sisi pengguna atau pun merchant.

Di dalam Pekan QRIS Nasional 2022 ini terdapat berbagai kegiatan edukasi, onboarding merchant QRIS, showcase QRIS, hiburan, dan perlombaan. Pada puncak acara, Sabtu (20/8/2022), juga digelar QRIS Experience, Lomba Mewarnai, Lomba Fashion Show, Kuis Ranking 1, K-pop Dance, Kuis Got Talent, dan masih banyak lagi. Uniknya seluruh pendaftaran kegiatan Lomba dan QRIS Experience minimal Rp1 dan sudah ikut bagian untuk berdonasi. Pengunjung juga berkesempatan memiliki uang kertas baru tahun emisi (TE) 2022.

"Kami berharap momentum pekan QRIS ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai QRIS dan memotivasi untuk bertransaksi non-tunai baik di pasar, pusat perbelanjaan, dan aktivitas pembayaran lainnya," ujar Deputi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau, Adidoyo Prakoso.

Pihaknya juga berterimakasih, atas dukungan pemerintah dan berbagai stakeholder, kini penggunaan QRIS telah meluas hingga ke pasar-pasar dan pusat perbelanjaan. Terbukti, per 1 Juli 2022, jumlah merchant QRIS di Kepri mencapai 394.632. Jumlah tersebut tumbuh 464 persen dibanding bulan Juli 2021, atau meningkat sebesar empat kali lipat.

Untuk itu, bersamaan dengan Puncak Acara Pekan QRIS Nasional 2022 yang diselenggarakan di One Batam Mall, Batam Center, Kota Batam, Bank Indonesia pun meluncurkan tiga pasar dan satu pusat perbelanjaan SIAP QRIS di Kota Batam.

Pasar dan pusat perbelanjaan SIAP QRIS ini di antaranya, Pasar Mitra Raya I, Pasar Puja Bahari, Pasar Penuin, dan One Batam Mall. Program SIAP QRIS di Kepri sendiri telah menyasar satu pusat perbelanjaan dan tujuh pasar, di antaranya juga terdapat dua pasar di Kabupaten Karimun, satu pasar di Tanjungpinang dan satu pasar di Bintan.

"Alhamdulillah, pasar dan pusat perbelanjaan yang telah disasar di Batam sudah SIAP QRIS, seiring dengan telah banyaknya pedagang atau tenant yang dapat menerima pembayaran melalui QRIS di empat lokasi tersebut. Semoga ini bisa memotivasi pasar dan pusat perbelanjaan lainnya," ujar Adidoyo.

Ia membeberkan, ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan, khususnya bagi merchant/pedagang dengan menggunakan QRIS sebagai sistem pembayaran. Di antaranya, QRIS memberikan keuntungan berupa: dapat membangun profil kredit untuk kemudahan mendapatkan pinjaman atau pembiayaan; lalu transaksi tercatat sehingga mudah terpantau, tidak perlu uang kembalian, bebas risiko uang palsu; mengikuti tren pembiayaan terkini, dan murah serta bebas biaya.

Bank Indonesia bersama dengan kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan perbankan terus berkomitmen memerluas akseptasi pembayaran digital, salah satunya melalui fasilitasi penggunaan QRIS di pasar-pasar dan pusat perbelanjaan.

Launching pasar dan pusat perbelanjaan SIAP QRIS dalam Pekan QRIS Nasional 2022 ini pun mendapat apresiasi dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang saat itu diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid. Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyatakan akan mendukung program Bank Indonesia dalam mengakselerasi penerapan sistem pembayaran berbasis digital yang relevan di era sekarang ini.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas program dan kegiatan Bank Indonesia ini. Saat ini QRIS sudah masif digunakan, khususnya di Kota Batam. Kami berharap, pasar-pasar dan pusat perbelanjaan lainnya juga bisa mencontoh penggunaan QRIS ini," tambah Jefridin. (hsu)

(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved