Breaking News:

PERBANKAN

Uang Kertas Baru Diklaim Lebih Tahan Lama dan Sulit Dipalsukan

Uang kertas baru keluaran tahun emisi 2022 diklaim lebih tahan lama dibanding uang kertas TE 2016 dan juga lebih susah dipalsukan.

tribunbatam.id/Hening Sekar Utami
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi K Atmaja memperlihatkan bentuk uang kertas baru tahun emisi 2022, Jumat (19/8/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Beberapa waktu lalu, Bank Indonesia telah mengeluarkan uang kertas baru tahun emisi (TE) 2022.

Uang kertas ini diklaim memiliki tingkat ketahanan yang lebih lama dibanding uang kertas sebelumnya yang dikeluarkan pada TE 2016.

Terdapat tiga aspek yang mengalami pembaharuan dalam Uang Kertas TE 2022 ini, yaitu dari aspek desain, pengaman, dan bahan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau (Kepri), Musni Hardi K Atmaja, mengungkapkan, dari segi desain uang kertas baru ini memiliki warna yang lebih cerah.

Uang kertas ini terdiri dari tujuh pecahan, yakni pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000.

"Kami telah melakukan penguatan di beberapa aspek, kalau dari segi desain, warnanya lebih cerah dan gambar lebih tajam," jelas Musni.

Baca juga: BNI Gandeng Indomaret Group, Pembeli Bisa Bayar Belanjaan Pakai QRIS

Selain itu, Uang Kertas TE 2022 juga memiliki ketebalan lebih besar dibanding uang kertas terdahulu.

Jika dulu ketebalan uang kertas hanya mencapai 80-84 gsm, uang kertas baru memiliki ketebalan 90 gsm, berbahan standard paper dengan coating/varnish.

Gambar tanda air pada masing-masing uang kertas disamakan dengan gambar tokoh yang ada di pecahan uang kertas tersebut.

Kemudian, sama seperti uang kertas lama juga terdapat tekstur garis menonjol yang diperuntukkan bagi tunanetra.

"Dengan ketebalan dan teknologi tinggi, uang kertas ini tidak cepat pudar dan lebih tahan lama. Selain itu, ada tanda-tanda pengaman yang sulit dipalsukan," tambah Musni.

Meski demikian, pihaknya terus mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kualitas uang kertas yang dimilikinya dengan cara menerapkan 5J (jangan dilipat, jangan distapler, jangan dicoret, jangan diremas, jangan dibasahi). (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved