Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Pemko Latih Pemandu Wisata dan Kuliner, Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Tanjungpinang

Pemko Tanjungpinang melatih pemandu wisata dan pengusaha kuliner untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke Tanjungpinang.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Tri Indaryani
Prokompim
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma saat hadir pada pembukaan pelatihan pemandu wisata budaya di Nite and Day Laguna Hotel, Tanjungpinang. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Kota Tanjungpinang termasuk satu di antara daerah di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang terkenal dengan destinasi pariwisata dan kulinernya.

Mendukung minat wisatawan agar mau berkunjung ke Tanjungpinang tentu harus dibarengi dengan cara bagaimana pemandu wisata dan pelaku usaha lokal bisa membuat inovasi menarik agar pengunjung tersebut datang ke Tanjungpinang.

Salah satu yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang yakni dengan memberikan pelatihan untuk meningkatkan inovasi dan higienisitas sajian kuliner.

Serta pelatihan pemandu wisata budaya kepada 40 orang yang bergerak di bidang UMKM, hotel, restoran, hingga pengelola destinasi wisata.

Wali Kota Rahma mengharapkan hadirnya pelatihan ini dapat menciptakan kreativitas serta inovasi dalam menghasilkan perubahan usaha kuliner yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Tanjungpinang.

Baca juga: GRATIS dan Cepat, Buat Laporan Polisi dan Kehilangan di SPKT Polsek Sekupang Batam

"Mudah-mudahan semua peserta memiliki tekad dan semangat untuk membuat perubahan,” ucap Rahma, Rabu (24/8/2022).

Menurutnya pemerintah melakukan upaya ini sebagai langkah pemulihan ekonomi dan perbaikan di segala sektor pasca pandemi covid-19.

Salah satunya melalui pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"SDM itu menjadi salah satu kunci pendorong pertumbuhan ekonomi, tidak selamanya usaha maju itu dibantu dengan modal. Dengan bekal ilmu yang didapatkan nanti akan jauh lebih baik, karena ilmu itu tidak ada batasnya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Meitya Yulianty menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, sejak 23 - 25 Agustus 2022.

Melalui pelatihan ini, ia berharap peserta pemandu wisata selalu menjadi pramuwisata yang handal, yang benar-benar mengenal kota Tanjungpinang, baik dari segi sejarah maupun budayanya.

"Mengetahui berbagai potensi destinasi dan keunikan kulinernya. Dengan begitu, dapat membantu untuk memenuhi keinginan para wisatawan yang berkunjung ke Tanjungpinang," kata Meitya.

Meitya juga meminta kepada peserta pelatihan kuliner agar dalam pengembangan kulinernya senantiasa menjaga kelestarian produk kulinernya dan juga meningkatkan kualitas rasa dan kreativitas kulinernya.

"Dengan sajian yang sehat, berkualitas, dan menarik dapat meningkatkan kunjungan ulang para wisatawan ke kota Tanjungpinang," katanya. (TRIBUNBATAM.id/Rahma Tika)

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved