Breaking News:

KARIMUN TERKINI

KSOP Karimun Fasilitasi Nelayan dan Pemilik Kapal Buat E Pas Kecil secara Gratis

Kepala KSOP Tanjungbalai Karimun Jon Kenedi sebut, E-pas kecil merupakan legalitas dokumen atau status hukum kapal di bawah ukuran 7 Gross Tonage

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Foto bersama petugas KSOP Karimun, nelayan dan pemilik kapal setelah kegiatan sosialisasi terkait E-pas kecil, Kamis (1/9/2022) 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Tanjungbalai Karimun memberikan sosialisasi E-pas kecil kepada nelayan, Kamis (1/9/2022).

Kepala KSOP Tanjungbalai Karimun Jon Kenedi mengatakan, E-pas kecil merupakan legalitas dokumen atau status hukum kapal di bawah ukuran 7 Gross Tonage (GT).

"Jadi E-pas kecil ini diterbitkan untuk mengganti pas kecil yang lama, mengingat fisik E-pas kecil ini lebih efisien dan memudahkan nelayan atau pemilik kapal," ujar Jon Kenedi.

Jon menambahkan, adanya E-pas kecil ini memudahkan proses identifikasi kapal melalui scan dari smartphone QR barcode yang tertera pada kartu tersebut.

Selain itu, E-pas kecil juga bermanfaat bagi nelayan sebagai persyaratan mendapat peminjaman dana dari bank serta mendapatkan program subsidi dari pemerintah pusat maupun daerah.

"Jadi tujuannya guna mencegah tindakan yang melanggar aturan seperti kepemilikan kapal ganda oleh nelayan atau pemilik kapal lainnya," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Karimun Mulai Data Tenaga Honorer Jalankan Perintah Kemenpan RB

Saat ini ada sebanyak 1.560 pemilik kapal yang telah memiliki pas kecil. Sehingga, pihaknya akan segera menjemput bola untuk peralihan pas kecil lama ke E-pas kecil.

Diketahui, pas kecil sebelumnya dalam bentuk blanko atau selembar kertas yang dinilai rawan rusak saat dibawa melaut.

"Jadi tujuan sosialisasi ini guna jemput bola dan berkoordinasi ke kelompok nelayan yang ada di wilayah kerja KSOP Tanjungbalai Karimun, untuk membuatkan E-pas kecil ini secara gratis," ujarnya.

Sementara, Sudiro selaku Ketua Penambang Boat Pancung Gabion menyambut baik atas hadirnya E-pas kecil.

"Kartu seperti ini yang sangat dibutuhkan karena lebih efisien dan terdata lengkap. Selama ini pas kecil lama yang berbentuk kertas sangat berisiko jika dibawa melaut," ujar Sudiro. (TRIBUNBATAM.id / Yeni Hartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved