Breaking News:

BINTAN TERKINI

14 Rumah di Bintan Disapu Angin Kencang saat Turun Hujan Petir

14 rumah di desa Toapaya Selatan, Bintan dihantam angin kencang saat hujan disertai petir, Senin (5/9/2022).

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Tri Indaryani
ISTIMEWA
Sejumlah rumah yang mengalami kerusakan setelah dihantam angin kencang di tengah hujan lebat di wilayah Desa Toapaya Selatan, Kabupaten Bintan. 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Sebanyak 14 rumah yang ditinggali 14 Kepala Keluarga (KK) rusak setelah dihantam angin kencang di tengah hujan lebat di Wilayah Desa Toapaya Selatan, Kabupaten Bintan, Senin (5/9/2022) siang.

Dari informasi yang didapatkan TRIBUNBATAM di lapangan, kejadian terjadi Senin (5/9/2022) siang sekitar pukul 12.00 WIB.

Pada saat kejadian, mulanya hujan disertai petir melanda sebagian besar wilayah di Bintan termasuk Toapaya.

Namun, angin kencang secara mendadak mengangkat atap rumah warga hingga rusak.

Camat Toapaya, Nepy Purwanto yang menerima laporan musibah itu langsung bersama BPBD dan Tagana mendatangi rumah para korban.

Dari kejadian itu, ada 13 rumah yang rusak  berada di RT 1 RW 1, RT 10 RW 3 dan RT 13 RW 4.

"Satu rumah yang rusak parah, seluruh peralatan listrik rumah rusak semua," kata Nepy.

Sementara itu, Kepala BPBD Bintan, Ramlah menuturkan, bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan mencatat setidaknya 13 rumah mengalami rusak ringan, dan 1 rumah mengalami rusak berat.

Sebagai upaya dalam penanganan tanggap darurat, BPBD Kabupaten Bintan telah berkoordinasi dengan lintas instansi terkait guna monitoring dan kaji cepat.

Baca juga: Gubernur Kepri Sebut Ada Operator Ajukan Kenaikan Tarif Kapal

BPBD Bintan juga berkordinasi dengan stake holder setempat, melaksanakan peninjauan lokasi bencana dan berkoordinasi dengan instansi teknis untuk mitigasi bencana mengantisipasi curah hujan tinggi serta bersama tim melakukan pendataan.

"Satu rumah milik saudara Dicky Zurkarnaen telah  mengalami kerusakan berat, lokasinya di Perum Cendana Residence No 40 Jalan Mangga Kampung Rawa Bangun Toapaya KM.17, Desa Toapaya Selatan," ujarnya.

Menurutnya, hujan lebat disertai angin kencang , sehingga mengakibatkan terjadinya angin puting beliung , dimana saat kejadian terjadi pada sekitar pukul 12.00 WIB siang.

Menyikapi hal itu, maka BPBD Bintan juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan.

"Saat ini kita masih melaksanakan peninjauan lokasi bencana dan berkoordinasi dengan instansi teknis serta melakukan pendataan," katanya. (TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved