Breaking News:

BERITA KRIMINAL

Polisi Ungkap Modus Baru Pelangsir BBM Subsidi di Batam, 630 Liter Solar Jadi BB

Polda Kepri ungkap modus baru pelangsir BBM solar subsidi dengan menggunakan kendaraan yang tankinya sesuai pabrikan, namun setelahnya dipindah

Penulis: Beres Lumbantobing | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Beres Lumbantobing
Polisi amankan kendaraan mobil yang telah dimodifikasi untuk menimbun solar dalam kasus pelangsiran BBM solar subsidi dengan tersangka PH 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Masuk dan keluar SPBU Batam dengan kendaraan yang tankinya sesuai pabrikan, lalu BBM subsidi yang dibeli dipindah ke kendaraan lain yang tankinya sudah dimodifikasi.

Begitulah cara warga Batu Aji, PH menimbun BBM solar subsidi dari sejumlah SPBU di Batu Aji dan Sagulung Batam, di saat harga BBM naik.

Selain memodifikasi tanki kendaraan, PH juga memalsukan kartu Brizzi solar dengan menempel barcode stiker di kartu yang akan digunakan.

Namun belum lama beraksi, aksi PH kandas. Ia ditangkap Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Kepri pada Kamis (1/9/2022) lalu.

Wadirkrimsus Polda Kepri, AKBP Nugroho Agus Setiawan mengatakan, pelaku PH ditangkap polisi saat tengah melakukan pemindahan BBM dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya di Kompleks Aji Bisnis Center Sagulung.

“Ya, diamankan di lokasi. Saat itu pelaku sedang melakukan pemindahan BBM. Di lokasi kita temukan tiga mobil, dua kendaraan dengan tanki modifikasi,” ujar Wadir Nugroho, Selasa (6/9/2022) saat ekspose di Mapolda Kepri di Batam.

Kini, pelaku sudah mendekam di sel tahanan Mapolda Kepri.

Baca juga: Polisi Tangkap Pelangsir BBM Bersubsidi di Kawasan Sagulung Batam, Satu Orang DPO

Dari hasil pemeriksaan, tindakan melangsir solar subsidi tersebut telah dilakukan PH sebanyak enam kali di enam SPBU berbeda yang berada di kawasan Batu Aji dan Sagulung Batam.

PH sengaja memilih beraksi di wilayah Sagulung dan Batu Aji, lantaran tidak jauh dari lokasi gudang, tempat dia melakukan penimbunan.

Wadir Krimsus Polda Kepri, AKBP Nugroho saat ekspose kasus penimbunan BBM solar subsidi yang dilakukan tersangka PH, Selasa (6/9/2022)
Wadir Krimsus Polda Kepri, AKBP Nugroho saat ekspose kasus penimbunan BBM solar subsidi yang dilakukan tersangka PH, Selasa (6/9/2022) (tribunbatam.id/Beres Lumbantobing)


Dalam kasus ini, PH berperan sebagai sopir yang melakukan pengisian solar subsidi di enam SPBU Batu Aji dan Sagulung.

Untuk melancarkan aksinya, PH menggunakan 12 kartu Brizzi edisi lama yang telah dipalsukan.

Berdasarkan keterangan tersangka PH, Nugroho mengungkapkan PH mendapatkan 12 kartu Brizzi dari rekannya Si.

Setelah BBM terkumpul, lalu PH menjual solar subsidi tersebut kepada satu orang penampung solar di kawasan Batu Aji bernama Si (DPO).

"Dalam kasus ini kami dapati modus baru. Tersangka menggunakan mobil dengan tangki sesuai pabrikan untuk melakukan pengisian solar subsidi. Lalu tersangka PH melangsir solar itu ke mobil yang diletakkan tidak jauh dari SPBU dan kedua mobil yang diparkirkan tersebut telah di modifikasi tangkinya," ujarnya.

Dalam penindakan itu, pihaknya mengamankan tiga unit mobil, sembilan struk pembelian BBM solar subsidi, 630 liter solar subsidi, 12 kartu Brizzi dan uang tunai sebesar Rp 3.050.000. (TRIBUNBATAM.id/bereslumbantobing)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved