Breaking News:

BERITA KRIMINAL

Polres Karimun Bakar 30 Kg Lebih Ganja Kering Barang Bukti Kasus Narkoba

Pemusnahan 30 Kg lebih ganja kering oleh Polres Karimun merupakan barang bukti dari pengungkapan kasus narkoba selama Juli dan Agustus 2022.

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Yeni Hartati
Pemusnahan 30.412 gram ganja kering di Mapolres Karimun, Jumat (9/9/2022). Pemusnahan narkoba ini merupakan barang bukti hasil penangkapan anggota Polres Karimun pada Juli dan Agustus 2022 lalu. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Karimun membakar 30 kilogram lebih narkotika jenis ganja kering di halaman Mapolres Karimun, Jumat (9/9/2022).

Pemusnahan puluhan kilogram ganja kering itu merupakan barang bukti narkoba hasil ungkap kasus Satresnarkoba Polres Karimun pada Juli dan Agustus 2022 lalu.

Kasat Narkoba Polres Karimun, AKP Elwin Kristanto mengungkapkan, barang bukti ganja kering yang di musnahkan oleh pihaknya dari kedua tersangka seberat 30.612 gram.

"Pemusnahan yang dilakukan merupakan hasil penangkapan tersangka berinisial MT dengan barang bukti sebanyak 612 gram, dan NR dengan barang bukti sebanyak 30.000 gram," ujar AKP Elwin Kristanto.

Kedua tersangka diamankan di Paya Sunan, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan Indrasari Kecamatan Pematang Reba, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

Baca juga: Bakal Berantas Perjudian, Polres Karimun Ingatkan Warga Tinggalkan Dadu hingga Kartu

Pemusnahan 30 KG ganja kering di Polres Karimun September 2022
Pemusnahan 30 kilogram lebih ganja kering di Mapolres Karimun, Jumat (9/9/2022). Pemusnahan narkoba ini merupakan barang bukti hasil penangkapan anggota Polres Karimun pada Juli dan Agustus 2022 lalu.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 200 gram disisihkan untuk kepentingan Labfor dan bukti pengadilan.

"Total barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 30.412 gram. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar," ujarnya.

Lebih lanjut, pemusnahan barang bukti ini sesuai dengan surat keputusan Kejaksaan Negeri Karimun tentang ketetapan status barang sitaan narkotika yang akan dimusnahkan.

Kemudian terhadap perkara pengungkapan narkotika jenis ganja itu telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Karimun.

"Lagi pemeriksaan berkas oleh penyidik Kejari Karimun. Kami masih menunggu P21 untuk kemudian melimpahkan tersangka," ujarnya.

Diketahui narkotika jenis ganja yang terdaftar dalam golongan I nomor 8, Undang – Undang Republik Indonesia No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Baca juga: Polres Karimun Ungkap Sebab Kecelakaan Avanza Masuk Parit Coastal Area

"Pasal yang disangkakan kepada tersangka pasal 114 dan pasal 111 ayat 1 dan 2, dengan ancaman hukuman paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun," ujarnya.

Pemusnahan dipimpin oleh Kapolres Karimun, didampingi Kasat Narkoba, Kasubsipenmas.

Serta dihadiri oleh Hakim Pengadilan Negeri Karimun, Kasi Barang Bukti Kejaksaan Negeri Karimun, Kasubbag Umum BNNK Karimun, Kepala Rutan Karimun, serta penasehat hukum tersangka.(TRIBUNBATAM.id/Yeni Hartati)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved