Breaking News:

BINTAN BANGKIT

Awasi Wilayah Laut, Pemkab Bintan Sebar Call Center Pengaduan Illegal Fishing

Bagi masyarakat Bintan yang melihat atau mengetahui penggunaan alat tangkap terlarang atau illegal fishing dapat menghubungi nomor 08117073344

Penulis: Alfandi Simamora | Editor: Dewi Haryati
Dok. Diskominfo Bintan
Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan saat ditanya wartawan belum lama ini 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Pemerintah Kabupaten Bintan meluncurkan call center yang dapat dihubungi masyarakat untuk memberikan pengaduan dan laporan terkait penggunaan alat tangkap terlarang.

Itu seperti pukat troll, mini troll dan cantrang yang belakangan ini semakin kerap terlihat di perairan Bintan.

Bagi masyarakat Bintan yang melihat atau mengetahui hal tersebut dapat menghubungi nomor 08117073344 agar pihak terkait bisa segera menyikapinya.

"Jika masyarakat ada melihat di perairan Bintan, silakan laporkan ke sana," ucap Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan, Rabu (14/9/2022).

Ia melanjutkan, Pemkab Bintan bersama instansi terkait juga sudah membentuk Forum Koordinasi beberapa waktu lalu. Hal itu untuk menjawab keresahan masyarakat khususnya nelayan.

Baca juga: Kawasan Wisata Lagoi Kabupaten Bintan, Destinasi Wisata Andalan Kepri

Forum yang terdiri dari seluruh instansi terkait ini akan melaksanakan fungsinya secara maksimal sesuai wewenang masing-masing terkait masalah perairan.

"Saya berharap seluruh masyarakat turut serta membantu mengawasi segala aktivitas perikanan khususnya di laut," terangnya.

Selain itu masyarakat diminta segera melapor jika melihat aktivitas alat tangkap terlarang.

"Kita akan tindak tegas sesuai regulasi. Jangan sampai masyarakat kita sendiri khususnya nelayan malah merasakan keresahan untuk memanfaatkan hasil laut sendiri," tegasnya.

Ia melanjutkan, kegiatan penangkapan ikan secara tidak bertanggungjawab bukan hanya terbatas pada kegiatan penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing). Tetapi juga terdapat kegiatan penangkapan ikan dengan cara-cara yang merusak (destructive fishing).

"Kegiatan ini juga dapat menyebabkan kerugian yang besar terutama terhadap kelestarian ekosistem perairan yang ada," jelasnya.

Baca juga: Rapat dengan Presiden Jokowi, Plt Bupati Bintan Minta OPD Tekan Inflasi

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bintan Fachrimsyah mengatakan, nomor kontak tersebut dapat dihubungi melalui telepon seluler biasa maupun layanan jejaring sosial WhatsApp.

"Admin kami standby, semua aduan dan laporan akan langsung ditindaklanjuti. Kita mengawasi, masyarakat mengawasi, bersama kita amankan laut kita," tutupnya. (tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved