Breaking News:

NATUNA TERKINI

Gorong-Gorong di Natuna Roboh, Distribusi Air Bersih Warga Terganggu

Distribusi air bersih warga terganggu akibat gorong-gorong di kawasan Ranai roboh akibat terjangan aliran air yang deras.

TribunBatam.id/Muhammad Ilham
Kondisi gorong-gorong di Air Batu, Kelurahan Bandarsyah, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna roboh akibat terjangan aliran air yang tinggi disebabkan hujan pada Rabu (14/9/2022) malam. 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Gorong-gorong di Air Batu, Kelurahan Bandarsyah, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) roboh.

Gorong-gorong di Natuna yang roboh itu terjadi akibat terjangan aliran air yang tinggi disebabkan hujan pada Rabu (14/9/2022) malam.

Robohnya gorong-gorong di Natuna itu berdampak pada tengganggunya pendistribusian air bersih ke sejumlah rumah warga di kawasan tersebut.

Pasalnya, di sisi gorong-gorong yang roboh mengakibatkan pipa saluran air PDAM rusak.

Direktur Utama PDAM Tirta Nusa Natuna, Muhammad Zaki menyampaikan, peristiwa ini disebabkan oleh kencangnya arus hujan yang selama beberapa hari ini mengguyur wilayah Ranai dan sekitarnya.

Baca juga: Warga Batam Keluhkan Distribusi Air Bersih Depan Anggota DPRD Kepri

"Pipa besar kami pecah ketimpa gorong-gorong amblas di wilayah Air Batu, Bandarsyah," kata Zaki saat dikonfirmasi TribunBatam.id, Rabu (14/9/2022) melalui sambungan seluler.

Atas kerusakan pipa PDAM itu Zaki mengakau bahwa, pihaknya tidak bisa langsung melakukan perbaikan karena gorong-gorong tersebut harus diperbaiki terlebih dahulu.

"Tapi Alhamdulillah gorong-gorongnya sudah diperbaiki oleh Dinas PUPR dan kami sudah melakukan penyambungan pipa sekarang," terangnya.

Adapun imbas kerusakan pipa itu mengganggu proses distribusi air ke sejumlah wilayah di Kelurahan Bandarsyah dan Kelurahan Batu Hitam Ranai yang meliputi wilayah Air Batu, Matahari Toy (samping Kemenag) dan Jalan Hamzah Yasin, Kelurahan Batu Hitam.

"Dengan begitu kami berharap maklum kepada seluruh pelanggan yang terdampak atas ketidaknyamanan ini," imbuhnya.

Baca juga: Suplai Air Bersih SPAM Batam Kembali Normal Hari Ini, Sabtu 27 Agustus 2022

Selain itu ia juga mengaku, kondisi cuaca yang kurang bersahabat seperti yang terjadi belakangan ini kerap menimbulkan gangguan terhadap distribusi air bersih.

Gangguan yang terjadi biasanya berupa penyumbatan pipa, kerusakan pipa akibat pohon tumbang, pipa jebol karena tidak tahan dengan arus air dan gangguan-gangguan lainnya.

"Dengan ini kami berharap kepada semua pihak agar proakatif memberikan informasi kepada PDAM bila ada menemukan kerusakan jaringan untuk segera diatasi. Mudah-mudan gangguan-gangguan itu tidak terjadi lagi dan kalau terjadi segera bisa diatasi," tutupnya.(TribunBatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita TribunBatam.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved