Breaking News:

BATAM TERKINI

Jelang Pemilu, Warga Batam Diminta Cek Nama di Sipol

Warga Batam diminta untuk melakukan pengecekan nama di sistem informasi partai politik (Sipol) terutama menjelang Pemilu 2024.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi
Ketua Bawaslu Batam, Syailendra Reza meminta warga Batam melakukan pengecekan nama di sistem informasi partai politik (Sipol) terutama menjelang Pemilu 2024. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Menjelang Pemilu yang akan digelar 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam meminta masyarakat Kota Batam untuk melakukan pengecekan nama di sistem informasi partai politik (Sipol). 

"Kami mengimbau masyarakat dalam setiap kegiatan untuk mengecek namanya apakah tercatat atau tidak di salah satu partai politik. Supaya tidak terjadi hal-hal yang diinginkan," ujar Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza, Rabu (14/9/2022).

Selama ini, masyarakat umum tidak terlalu peduli terhadap hal tersebut.

Lantaran beranggapan tidak memiliki efek yang signifikan seperti seorang yang berprofesi sebagai ASN, TNI dan Polri.

Dengan begitu ia menjelaskan pihaknya gencar melakukan edukasi terkait hal tersebut supaya masyarakat yang tercact dapat segera membuat surat sanggahan dan diajukan ke Bawaslu Kota Batam.

Baca juga: Dishub Batam Kembali Gelar Razia, Kendaraan Parkir Sembarangan Langsung Didenda

"Kemarin saat kegiatan pelantikan Kaukus Perempuan Politik Indonesia Kota Batam juga kita sampaikan dan mereka langsung cek namanya di Sipol. Dan kalau ada yang tercatut langsung buat surat sanggahan bahwa bukan anggota parpol. Hal-hal seperti ini yang perlu di awasi," katanya.

Selain itu, Bawaslu mengirimkan surat kepada instansi pemerintah daerah, TNI dan Polri serat Kantor Kementerian Agama Kota Batam sebagai langkah pencegahan agar nama-nama pekerja di instansi tersebut tidak tercatut sebagai kader partai politik.  

"Kita sudah menyurati Pemko Batam terus kita surati Lanal AU dan AD dan surati Polri, serta Kemenag hal itu untuk proses pencegahan dan kita minta mereka cek juga ada yang teraftar sebagai anggota parpol atau tidak," ujarnya. (TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)


 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved