Breaking News:

PEMKO BATAM

Guru SMK Pariwisata se Indonesia Kunjungi Museum Batam Raja Ali Haji

Sekdako Batam, H. Jefridin Hamid menerima kunjungan 18 guru SMK jurusan Usaha Perjalanan Wisata se Indonesia ke Museum Batam Raja Ali Haji.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
Disbudpar Batam untuk Tribun Batam
Sekretaris Daerah Kota Batam, H. Jefridin Hamid  menerima kunjungan delapan belas guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Usaha Perjalanan Wisata se Indonesia ke Museum Batam Raja Ali Haji, Rabu (14/09/2022).  

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sekretaris Daerah Kota Batam, H. Jefridin Hamid  menerima kunjungan 18 guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Usaha Perjalanan Wisata se Indonesia ke Museum Batam Raja Ali Haji, Rabu (14/09/2022). 

Jefridin menyampaikan Batam adalah salah satu dari tujuh kabupaten/kota yang ada di provinsi Kepulauan Riau.

Dengan adanya UPT, museum Batam jadi lebih hidup dan keberadaannya sangat berarti bagi Batam, karena kelemahan bangsa kita lupa mencatat sejarah. 

“Mudah-mudahan dengan keberadaan museum ini apalagi sekarang sudah pakai elektronik akan dapat mencatat seluruh jejak-jejak sejarah ini ,” ujarnya

Saat ini Batam sudah memasuki usianya yang ke 192 tahun, sejarahnya ada di museum Belanda, bahwa sejak tahun 1829 sudah ada  pemerintahan di Batam

“Dalam Dokumen yang ditemukan disebutkan bahwa di Batam ini sudah ada pusat pemerintahan sejak 18 Desember 1829 dengan rajanya bernama Raja Isa. Jadi sejak saat itulah sejarah Batam dicatat sampai sekarang,” jelasnya. 

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Kota Batam ini memaparkan, Kota Batam dirancang sebagai Kota Industri dan Perdagangan.

Disamping itu Batam sebagai daerah pelabuhan, oleh karenanya di Batam banyak terdapat pelabuhan baik internasional maupun domestik.

Berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia, Batam tidak lahan untuk bertani untuk bersawah dan hasil bumi yang bisa digarap. Batam hanya mengandalkan letaknya yang strategis oleh karena itu Batam paling cocok sebagai daerah perdaganqgn dan kota mice. 

“Di sini orang sering mengadakan rapat seperti Rakornas BKN se Indonesia yang digelar baru-baru ini,”katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved