Breaking News:

PEMKO BATAM

Sekda Batam Luncurkan Prabinmas, Bakal Kolaborasi dengan Babinsa dan Babinkabtimas

Praja Pembina Pelindungan Masyarakat (Prabinmas) Kota Batam diluncurkan di Panggung Utama Engku Puteri Batam Center, Jumat (16/9/2022).

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi
Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid secara resmi meluncurkan Praja Pembina Pelindungan Masyarakat (Prabinmas) Kota Batam di Panggung Utama Engku Puteri Batam Center, Jumat (16/9/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid secara resmi meluncurkan Praja Pembina Pelindungan Masyarakat (Prabinmas) Kota Batam di Panggung Utama Engku Puteri Batam Center, Jumat (16/9/2022).

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid mengatakan Prabinmas bisa berkolaborasi dengan Babinsa dan Babinkabtimas. 

Ia meminta ketiganya harus bisa bersinergi dalam menjalankan tugasnya di Kota Batam, Provinsi Kepri.

"Harus tahu persis tupoksinya. Pelajari ketentuannya. Kita tak bisa bekerja sendiri-sendiri. Berkolaborasi bersama-sama mencapai tujuan bagaimana Batam ini aman," kata Jefridin dalam kata sambutannya.

Ia melanjutkan, apabila Batam tidak aman akan berdampak pada ekonomi.

Biar investor dan wisman aman saat berada di Batam

"Masyarakat boleh demonstrasi tapi harus kondusif. Tugas Satpol PP dari kelurahan merupakan langkah preventif. Mari kita semangat bekerja jaga Batam agar tetap aman dan kondusif," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Batam, Reza Khadafi mengatakan Prabinmas akan ditugaskan di kelurahan yang ada di mainland. Tugasnya mensosialisasikan program pemerintah, TNI, Polri kepada masyarakat. 

"Jadi setiap kelurahan itu ada 1 Praja Prabinmas. Saat ini wilayah yang tercover internet mainland saja," katanya.

Prabinmas ini terbentuk merupakan hasil proyek perubahan pada Seminar Rancangan Proyek Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XII Tahun 2022, di Surabaya Jawa Timur. Prabinmas ini menegakkan Perda di Kelurahan. 

Satpol yang masuk di dalamnya merupakan anggota yang terpilih. Pertama harus Satpol ASN (Aparatur Sipil Negara) dan mempunyai jabatan fungsional tertentu.

Setiap anggota dibekali oleh aplikasi Transformasi Online Pelaporan Integrasi (TOPI) Prabinmas. Dalam aplikasi ini ada temu cepat, lapor cepat dan respon dengan cepat.

"Tahap kedua kita akan konek ke Diskominfo," katanya.

Reza menambahkan secara detail tugas Prabinmas bangunan liar, pemasangan baliho yang mendadak dan tak berizin, anak-anak bolos sekolah dan lain sebagainya. Setiap tahun, anggota diberikan SK berdasarkan Surat Wali Kota Batam. (TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved