Breaking News:

PERBANKAN

Bank Indonesia Kepri Ungkap Cara Rawat Uang Rupiah Kertas Agar Awet

Bank Indonesia wilayah Kepri membagikan tips merawat uang kertas agar awet dan tak gampang rusak. Ada lima cara yang bisa dilakukan. Apa saja?

Tribun News
Bank Indonesia (BI) Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) membagikan cara merawat yang rupiah kertas agar awet dan terjaga. Foto : Ilustrasi uang rupiah 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Bank Indonesia (BI) Wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), senantiasa mengimbau masyarakat teliti dalam bertransaksi dengan uang tunai, serta merawat uang kertas dengan baik.

Bank Indonesia Kepri kerap menggelar sosialisasi dan edukasi untuk menyebarluaskan pesan mengenai Cinta Bangga dan Paham Rupiah kepada masyarakat luas.

Salah satu contohnya, kegiatan sosialisasi kepada guru SD dan SMP se-Kota Batam, ada 17 September 2022 lalu.

"Meneliti ciri keaslian uang Rupiah dengan cara 3D, yaitu Dilihat, Diraba, dan Diterawang," ujar Kepala Tim Implementasi Sistem Pembayaran, Taufik Ariesta.

Ia juga mengimbau masyarakat menerapkan 5J dalam memperlakukan dan merawat uang Rupiah.

Baca juga: PT NOK Batam Tanam 1.000 Batang Bakau di Sheter Akar Bhumi Indonesia

Lima cara merawat uang rupiah kertas menurut Bank Indonesia antara lain, Jangan Dicoret, Jangan Distepler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi, dan Jangan Dilipat. 

Kendati demikian, pihaknya menjelaskan, uang kertas tahun emisi 2022 yang baru telah ditingkatkan kualitasnya menjadi lebih tahan lama.

Terdapat tiga aspek inovasi penguatan dalam uang kertas TE 2022 ini, yaitu desain warna lebih tajam, unsur pengamanan lebih andal, dan ketahanan uang yang lebih baik.

"Dengan semakin masifnya edukasi CBP Rupiah di berbagai kalangan, diharapkan masyarakat semakin memiliki kesadaran terhadap peran dan fungsi Rupiah secara menyeluruh," tambah Taufik. (TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)
 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved