Breaking News:

PEMKO BATAM

Pemko Batam Dukung Proyek Eksplorasi Migas Belida dan Malong di Laut Natuna

Proyek eksplorasi minyak dan gas (Migas) Belida North East (NE) dan Malong di Blok B Laut Natuna melibatkan tiga perusahaan besar.

TRIBUNBATAM.id/Ichwan Nurfadillah
Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, saat menghadiri agenda "Sail Away Ceremony" di Pelabuhan Citranusa, Kabil, Jumat (23/9/2022). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kota Batam menyambut baik pengerjaan proyek eksplorasi minyak dan gas (Migas) Belida North East (NE) dan Malong.

Bukan tanpa alasan, proyek sendiri melibatkan tiga perusahaan besar, di antaranya adalah PT Citra Tubindo Engineering (CTE), PT Timas Suplindo, dan PT Medco Energi Internasional.

Dalam prosesnya, ketiga perusahaan itupun memiliki tugas berbeda pada proyek lepas pantai yang berada di Blok B Laut Natuna tersebut.

Proses fabrikasi dilakukan oleh PT CTE. Sedangkan instalasi menjadi tanggung jawab PT Timas Suplindo.

Untuk pengoperasian diserahkan oleh PT Medco Energi Internasional selaku pemilik konsesi yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia melalui SKK Migas untuk melakukan eksplorasi di Lapangan Maling dan Belida North East (NE).

"Semoga proyek ini berlanjut. Sebab, bisa menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Pengerjaannya pun memberikan nilai tambah untuk Batam, karena dikerjakan anak-anak dalam negeri," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, usai acara "Sail Away Ceremony" digelar di Pelabuhan Citranusa, Kabil, Jumat (23/9/2022).

Jefridin berharap, proyek ini dapat mengharumkan nama Batam di dunia luar.

Apalagi pengerjaan proyek sendiri merupakan yang pertama kalinya di Indonesia.

Selain itu, proyek Belida (NE) dan Malong sendiri diharapkan mampu memenuhi target Pemerintah Pusat untuk memproduksi minyak 1 juta barel per hari (bph) dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari (BSCFD) pada 2030 mendatang.

"Pemerintah tentu mengapresiasi betul proyek ini," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved