Breaking News:

TANJUNGPINANG TERKINI

Jadi Bunda Literasi Tanjungpinang, Wali Kota Rahma Buat Gerakan Gemar Baca

Jadi Bunda Literasi Tanjungpinang, Rahma akan melakukan pendekatan dengan komunitas dan penggiat literasi guna tingkatkan gemar baca di Tanjungpinang

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
Diskominfo Kota Tanjungpinang
Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Tanjungpinang periode 2022 - 2024, baru-baru ini 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma dikukuhkan sebagai Bunda Literasi Kota Tanjungpinang periode 2022-2024.

Seusai pengukuhan itu, Rahma menyampaikan jabatan yang diembannya ini merupakan amanah untuk memotivasi dirinya beserta seluruh jajaran perangkat daerah, agar terus berupaya meningkatkan literasi masyarakat, khususnya di Tanjungpinang.

"Literasi merupakan faktor esensial dalam upaya membangun masyarakat yang berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter. Khususnya kepada anak-anak usia dini, remaja dan pemuda bahkan semua kalangan, untuk dipersiapkan sebagai agen perubahan yang berwawasan luas," ucap Rahma, Rabu (28/9/2022).

Ia mengatakan, tantangan terbesar dalam membangun budaya gemar membaca masyarakat atau masyarakat literasi saat ini, yakni meninggalkan tradisi lisan untuk memasuki tradisi baca tulis.

Padahal, era teknologi komunikasi dan informasi telah menciptakan era yang luas terhadap tumbuh kembangnya media baca tulis.

Baca juga: Hafizha Rahmadhani Istri Plt Bupati Bintan Dikukuhkan Jadi Bunda Literasi

"Membiasakan dan membudayakan gemar membaca bukan suatu hal yang mudah. Terlebih dengan pesatnya perkembangan informasi dan teknologi komunikasi dewasa ini, memungkinkan seseorang dapat memperoleh berbagai informasi dengan instan," kata Rahma.

Rahma juga akan melakukan pendekatan dengan komunitas dan penggiat literasi di Tanjungpinang.

Tujuannya untuk optimalisasi minat baca dan menyusun strategi yang harus dilakukan oleh dirinya sebagai Bunda Literasi Tanjungpinang dan akan diimplementasikan ke seluruh masyarakat.

"Sebagai Bunda Literasi, saya akan melakukan komunikasi, pendekatan dan berdiskusi dengan penggiat atau komunitas literasi,” jelasnya.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang diperlukan dalam penyusunan strategi dan terobosan-terobosan kegiatan yang tepat.

Kegiatan pengukuhan Bunda Literasi Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kepri di Aula Wan Sri Beni, Dompak, Senin (26/9/2022). Hafizha Rahmadhani dikukuhkan jadi Bunda Literasi di Bintan
Kegiatan pengukuhan Bunda Literasi Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kepri di Aula Wan Sri Beni, Dompak, Senin (26/9/2022). Hafizha Rahmadhani dikukuhkan jadi Bunda Literasi di Bintan (Dok. Diskominfo Bintan)


Yakni dengan proses yang berkelanjutan dan berkesinambungan dimulai dari lingkungan keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat secara terintegrasi. Maka dari itu perlu dukungan dan doa restu dari seluruh elemen masyarakat.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando mengharapkan Bunda Literasi Provinsi Kepri dan Kabupaten/Kota se-Kepri dapat menjadi panutan dalam membangun sumber daya manusia (SDM) terutama sejak usia dini.

Baca juga: Gubernur Ansar Kukuhkan Dewi Kumalasari sebagai Bunda Literasi Kepri

“Saya percaya dengan terpilihnya Bunda Literasi ini dapat menjadi role model dan menginspirasi dalam membangun sumber daya masyarakat Provinsi Kepri untuk maju bersama rakyat, cerdas, sehat, dan sejahtera," ujarnya.

"Ditambah lagi di antara Bunda Literasi ini ada Wakil Gubernur Kepri yang juga Bunda Literasi Kota Batam dan Wali Kota Tanjungpinang, sebagai Bunda Literasi Tanjungpinang. Saya rasa memiliki peran penting untuk memajukan dunia literasi di daerahnya masing-masing,” ucap Syarif. (TRIBUNBATAM.id/ Rahma Tika)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved