Breaking News:

BATAM TERKINI

1.427 Bayi Usia Dua Bulan di Batam Telah Disuntik Vaksin PCV

Sebanyak 1.427 bayi usia dua bulan di Batam telah disuntik vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PVC) dan akan mendapatkan booster dua kali lagi.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
Istimewa
Sebanyak 1.427 bayi usia dua bulan di Batam telah disuntik vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PVC) dan akan mendapatkan booster dua kali lagi. Ilustrasi Vaksin 

BATAM,  TRIBUNBATAM.id - Vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) sangat diperlukan oleh bayi berusia dua bulan. Pasalnya bayi berusia dua bulan masih sangat rentan.

Sehingga dengan pemberian vaksin PCV diutamakan kepada bayi yang lahir per tanggal 13 Juni 2022.

"Pemberian vaksin PCV ini sudah berjalan sejak 3 Oktober lalu. Jadi nanti bagi yang sudah menerima vaksin PCV pertama ini akan ada lanjutan-nya lagi, akan ada vaksin yang kedua hingga ketiga sebagai booster pada saat bayi sudah usia 12 bulan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi.

Diakuinya sebanyak 1.427 bayi usia dua bulan telah menerima vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) dalam program pemberian vaksin pneumonia gratis pada 2022 ini.

Awalnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam menargetkan sebanyak 7.646 bayi usia dua bulan untuk menerima vaksin PVC hingga akhir tahun 2022.

Hingga saat ini sebanyak 502 bayi usia 3 bulan sudah menerima PCV dosis dua.

Baca juga: HARGA Telur Ayam di Batam Masih Tinggi, Begini Strategi Pedagang Makanan Agar tak Rugi

"Sasaran PCV itu 7.646 bayi, kemudian untuk PCV satu sudah ada 1.427 bayi atau 18,6 persen. Dan capaian PCV dua sudah 502 bayi, yang mendapatan PCV dua itu yang sebelumnya sudah dapat PCV satu," ujar Didi.

Ia menjelaskan, saat ini pemberian vaksin PCV diprioritaskan kepada bayi usia dua bulan sebagai bentuk antisipasi infeksi virus pneumococcus, virus penyebab radang paru (pneumonia) pada anak.

Ia menambahhkan pemberian imunisasi PCV dapat melalui Posyandu, Puskesmas, dan layanan kesehatan pemerintah dan swasta. ( TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved