Breaking News:

DISKOMINFOTIK ANAMBAS

Pemkab Anambas Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-turut Dari Kemenkeu RI

Pemkab Anambas meraih opini WTP berturut-turut sejak 2017 hingga 2021. Kemenkeu beri penghargaan atas pencapaian Pemkab Anambas itu

Dok. Diskominfotik Anambas
Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menerima penghargaan opini WTP atas laporan keuangan tahun 2021 dari Kepala Kantor Direktorat Jenderal Pembendaharaan (DJPB) Kepulauan Riau kepada Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris di Ruang Rapat lantai II, Kantor Bupati Anambas, Jumat (9/12/2022). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas kembali meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2021 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Direktorat Jenderal Pembendaharaan (DJPB) Kepulauan Riau kepada Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris di Ruang Rapat lantai II, Kantor Bupati Anambas, Jumat (9/12/2022).

Diketahui, keberhasilan apresiasi opini WTP atas laporan keuangan ini, merupakan kategori ke-6 yang diterima oleh Kabupaten Kepulauan Anambas.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor DJBP Kepri, Rosaldina di Anambas.

"Sebenarnya memang yang pertama opini WTP Anambas diraih sejak tahun 2015. Kemudian di tahun 2017 baru sampai dengan saat ini menerima yang kelima kali secara berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI," ungkap Rosaldina.

Ia menjelaskan, penilaian opini WTP tersebut dilakukan langsung oleh BPK RI berdasarkan laporan keuangan serta partisipasi auditor internal Kepulauan Anambas.

"Jadi semuanya dilihat apakah sudah sesuai dan pemeriksaan biasanya dilakukan di awal tahun dan diputuskan atas rekomendasi BPK RI," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Natuna Terima Penghargaan Menteri Keuangan RI, Raih Opini WTP 5 Tahun Berturut

Ia melanjutkan, dari seluruh provinsi di Indonesia tidak lebih dari 10 provinsi yang menerima opini WTP laporan keuangan dari Kemenkeu RI.

Satu dari provinsi tersebut, yakni Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang tujuh Kabupaten/Kota-nya berhasil menerima opini WTP laporan keuangan lima kali berturut-turut.

"Menurut kami ini jarang sekali ya, provinsi yang kabupaten/kotanya bisa meraih opini WTP secara berturut-turut. Untuk itu kami berharap pemerintah Anambas bisa mempertahankan kinerja dan kualitas laporannya ke depan," sebutnya.

"Jadi ini memang prestasi yang luar biasa menurut kami. Tentu saja ini nanti juga akan berpengaruh dengan penerimaan dana insentif dari pusat," terangnya.

Sementara itu, Bupati Anambas Abdul Haris menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kemenkeu RI melalui DJPB Perwakilan Kepri. Itu atas penyerahan opini WTP laporan keuangan 2021.

Baca juga: Raih Opini WTP dari BPK 12 Kali Berturut-Turut, Pemprov Kepri Dapat Penghargaan Kemenkeu RI

"Kami atas nama pemerintah daerah berterima kasih dengan apresiasi opini WTP dari Kemenkeu ini. Tentu yang sepatutnya pertama bangga ialah masyarakat Anambas dan selanjutnya jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di lingkungan pemda ini," ujar Haris.

Dengan penghargaan ini, Haris pun berharap agar tiap-tiap OPD dapat terus memaksimalkan kinerja melalui koordinasi dan komunikasi yang baik guna mempertahankan penghargaan opini WTP laporan keuangan di tahun yang akan datang.

"Selagi Pemerintahan Anambas ini masih ada dan diakui, mari kita raih terus prestasi opini WTP ini setiap tahunnya. Karena penilaian WTP ini sangat bermanfaat besar bagi masyarakat dan juga daerah," kata Haris. (Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved