Breaking News:

Pendekatan TPACK dalam Proses Pembelajaran Inovatif

Pembelajaran TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) yang memanfaatkan media smartphone untuk peserta didik.

Editor: Danang Setiawan
ISTIMEWA
Pembelajaran TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) yang memanfaatkan media smartphone untuk peserta didik. 

TRIBUNBATAM.id - TPACK ( Technological Pedagogic Content Knowledge) merupakan pembelajaran yang memanfaatkan Teknologi Informatika dalam mentransfer pengetahuan dengan memanfaatkan media yang setiap harinya digunakan peserta didik yaitu smartphone.

Pada pembelajaran abad 21 peran teknologi sangat berpengaruh dalam mengembangkan life skill dan soft skill yang dimana peserta didik harus mampu berpikir kritis, memecahkan masalah, kolaborasi, komunikatif dan kratif, disamping penguasaan pada materi yang diberikan.

Pembelajaran dengan pendekatan TPACK mampu merubah cara pembelajaran dari teacher centred menjadi student centered yang mana peran guru hanya sebagai fasilitator bagi peserta didik saat melakukan proses pembelajaran.

Penggunaan pendekatan TPACK dalam aktivitias pembelajaran dilihat masih kurang dikarenakan sebagian besar guru menganggap smartphone menjadi salah satu distraction ketika kegiatan pembelajaran di dalam kelas.

Disini guru perlu merubah mindset yang mana smartphone yang sebelumnya menjadi ganguan peserta didik dalam proses pembelajaran menjadi media pembelajaran yang mampu meningkatkan semangat peserta didik dalam mengikuti kegiatan proses pembelajaran.

Baca juga: GRATIS, Belajar Tahfidz dan Tilawah di Qur’an Center Syahrul Qur’an Tanjungpinang

Guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam bidang IT agar materi yang disampaikan kepada peserta didik lebih menarik dan mudah diterima serta mampu diimplementasikan oleh peserta didik dalam kehidupannya.

Pembelajaran menggunakan pendekatan TPACK ( (Technological Pedagogic Content Knowledge) sudah seharusnya diterapkan pada peserta didik yang mana dalam pembelajaran tersebut mengajak peserta didik untuk lebih aktif mencari informasi mengenai materi yang disampaikan serta secara sendirinya mampu mencari solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan.

Pembelajaran TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) yang memanfaatkan media smartphone untuk peserta didik.
Pembelajaran TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) yang memanfaatkan media smartphone untuk peserta didik. (ISTIMEWA)

Banyak aplikasi yang bisa digunakan dalam pembelajaran contohnya Google classroom, Google form, Padlet, Kahoot, Quiz, Youtube, Whatshap, dan lain-lain.

Aplikasi tersebut mampu membuat pembelajaran didalam kelas lebih interaktif dan tidak membosankan.

Baca juga: Program Gerakan Trakindo, Bantu Sekolah Adaptasi Penggunaan Teknologi dalam Belajar Mengajar

Jadi pemanfaatan pembelajaran menggunakan teknologi sangat penting agar peserta didik tidak hanya mendapat informasi dari satu arah saja (guru) melainkan peserta didik mampu lebih banyak mengeksplore mengenai materi pembelajaran secara luas.

Disini smarphone tidak lagi menjadi gannguan dalam pembelajar melainkan mampu menjadi sumber informasi pengetahuan yang baru bagi peserta didik.

Yang terpenting dalam pemanfaatan teknologi yaitu pada pengawasan dalam penggunaan.

Ditulis oleh: Wisnu Qomarudin Yusuf, S.Pd (Guru SMK Negeri 1 Bintan Utara)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved