Breaking News:

PEMKO BATAM

Pemko Batam Gencarkan Hidup Sehat Melalui Kampung Germas

Sekda Batam Jefridin Hamid mendeklarasikan kampung Pencanangan Germas di Fasum Perumahan Puri Agung 4 tahap 2 Kelurahan Mangsang, Batam.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
Diskominfo Kota Batam untuk Tribun Batam
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mendeklarasikan kampung Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id -  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mendeklarasikan kampung Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Fasum Perumahan Puri Agung 4 tahap 2 RW 21 Kelurahan Mangsang, Kamis (15/12/2022), 

Jefridin mengatakan, Germas merupakan program nasional oleh Presiden Republik Indonesia yang menginstruksikan kepada Kepala Daerah sesuai dengan instruksi Presiden RI nomor 1 tahun 2017, untuk dilakukan sebagai penguatan upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat.

"Ini merupakan hal terpenting dalam membumikan paradigma sehat di setiap elemen masyarakat,” katanya.

Tujuan Germas bagaimana masyarakat Indonesia dapat membudayakan hidup sehat, termasuk masyarakat Sei Beduk agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat, yang memicu sejumlah penyakit.

Baca juga: Pemko Batam Dukung Registrasi Sosial Ekonomi 2022

Jefridin menuturkan, Wali Kota Batam meminta kepada seluruh masyarakat Batam untuk bersama-sama menerapkan Germas dengan melaksanakan aktivitas fisik minimal 45 menit setiap hari, mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, cek kesehatan secara berkala, diberikan ASI eksklusif pada bayi 0-6 bulan, enyahkan asap rokok, dan fungsikan jamban sehat.

“Cara ini yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita, agar tubuh sehat, bugar, produktif dan membuat kita terhindar dari berbagai serangan penyakit,” ujarnya.

Ia berharap, kini telah terbentuk 22 kampung Germas di seluruh kelurahan sampai ke tingkat RW, agar dapat mengajak dan membimbing masyarakat untuk mulai hidup sehat guna meminimalisir resiko terjadinya penyakit tidak menular.

“Dengan program ini, kami mengajak seluruh masyarakat Batam untuk mensyukuri dan menghargai nikmat sehat dengan menjaga gaya hidup,” katanya. (TRIBUNBATAM.id / Roma Uly Sianturi)

 

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved