Breaking News:

BERITA KECELAKAAN

Kemenhub Gandeng KNKT Investigasi Kecelakaan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kecelakaan proyek kereta cepat Jakarta Bandung tak hanya menjadi atensi Kemenhub dan KNKT. Mabes Polri mengerahkan tim labfor untuk menginvestigasi

TribunBatam.id via TribunJabar.id/Istimewa
KECELAKAAN PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA BANDUNG - Kereta teknis milik PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) keluar jalur hingga terguling di area Cipada-Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (18/12/2022) sore. Kemenhub dan KNKT menginvestigasi untuk mengetahui sebab pasti kecelakaan yang merenggut nyawa pekerja warga negara Cina itu. 

BANDUNG, TRIBUNBATAM.id - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia atau Kemenhub RI menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT untuk menginvestigasi kecelakaan proyek kereta cepat Jakarta Bandung.

Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub RI, Edi Nursalam menyebut ada dugaan kelalaian dalam kecelakaan proyek kereta cepat Jakarta Bandung pada Minggu (18/12/2022) sore hingga menggandeng KNKT.

Kemenhub dan KNKT menjadikan kecelakaan proyek kereta cepat Jakarta Bandung ini atensi.

Enam orang dimana di antara mereka merupakan warga  negara Cina berstatus pekerja di lokasi kecelakaan proyek kereta cepat Jakarta Bandung itu dilaporkan menjadi korban.

Baca juga: Kecelakaan Hari Ini, Mobil Toyota Innova Tabrakan Dengan Kereta Api di Pintu Perlintasan

"Ini kami sedang investigasi, tapi enggak tahu siapa yang salah. Apakah orangnya atau alatnya, belum tahu," ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian, kemarin.

Kemenhub RI dan KNKT nantinya akan mengeluarkan rekomendadi ke pihak kontraktor PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC setelah melakukan serangkaian investigasi.

Dalam investigasi itu nanti KNKT akan mewawancarai orang-orang yang terlibat dan meneliti alat-alatnya yang mungkin ada kesalahan, termasuk melihat kondisi lapangan.

Kecelakaan yang menyebabkan kereta anjlok tersebut melibatkan kereta teknis berwarna kuning dan kereta lokomotif warna hijau bertulis Stecol Corporation (755).

"Ini merupakan proyek penyelesaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung, tapi kereta ini belum beroperasi. Tapi dalam pengerjaan ini ada alat dua, yang satu alat (kereta) untuk memasang rel dan satu lagi lokomotif," ucapnya.

Ia mengatakan, untuk penyebab kecelakaan kereta itu hingga saat ini masih dilakukan penyelidikan yang dilakukan oleh aparat kepolisian dan petugas Kemenhub.

Baca juga: Korban Kecelakaan di Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Warga Cina

Kecelakaan Kereta Cepat Jakarta Bandung di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Minggu (18/12/2022).
Kecelakaan Kereta Cepat Jakarta Bandung di Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Minggu (18/12/2022). (TribunBatam.id via Kompas.com/ Bagus Puji Panuntun)

"Ini masih dilakukan penyelidikan kenapa (kereta) bisa sampai meluncur kesana. Intinya ini masih dalam proses investigasi dan nanti KNKT akan turun," ujar Edi.

Corporate Secretary KCIC, Rahadian Ratry, mengatakan, PT KCIC akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk menginvestigasi insiden ini dan KCIC memastikan segenap pekerjaan yang dilakukan kontraktor KCJB senantiasa mengimplementasikan aspek safety, security, health and environment (SSHE) pada setiap aktivitas kerja.

"Para kontraktor akan berkomitmen terhadap aspek keselamatan diri seluruh pekerja sehingga risiko kecelakaan kerja dapat dihindari," kata Rahadian melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar.

Meski ada kereta kerja yang anjlok, kata Rahadian, proses pembangunan di area kerja kereta cepat saat ini tetap berjalan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved