Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Disdukcapil Anambas Gencarkan Layanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Untuk mempermudah pelayanan publik, Disdukcapil Kabupaten Kepulauan Anambas gencar mengaktivasi program layanan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

TRIBUNBATAM.id/Noven Simanjuntak
Petugas Disdukcapil Anambas tengah mencoba mengaktifkan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) untuk seorang warga, Jumat (23/12/2022). 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Disdukcapil Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini tengah gencar mengaktivasi program layanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di wilayahnya.

Inovasi Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri itu, saat ini memasuki tahapan ketiga dengan menyasar ASN dan PTT di lingkungan pemerintahan Anambas.

Khusus di Anambas, aktivasi aplikasi ini telah dimulai sejak tanggal 13 Desember 2022 dengan terlebih dahulu menyasar jajaran kepala daerah dan kepala organisasi perangkat daerah.

Tahapan selanjutnya, tanggal 19 Desember hingga 4 Januari 2023 mendatang menyasar ASN dan PTT di lingkungan pemerintah.

Sekretaris Disdukcapil Anambas, Firmansyah mengatakan, aplikasi identitas kependudukan ini dapat didownload di playstore melalui telepon pintar jenis android.

"Dengan aplikasi ini, semua dokumen identitas kita sudah terekam di handphone," ucapnya kepada Tribunbatam.id, Jumat (23/12/2022).

Ia menjelaskan, aplikasi IKD dapat memuat sejumlah dokumen berupa KTP, KK, NPWP, Kartu vaksin, Kartu Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Kartu BPJS hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024.

Baca juga: JELANG Nataru, Satpol PP dan Tokoh Agama Razia Pekat di Fasum dan Hotel di Anambas

Untuk menggunakan aplikasi IKD cukup download di android, lalu mendaftar dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), email, dan nomor handphone.

"Setelah diisi, lanjutkan swafoto dan akan muncul QR Code lalu diaktifkan petugas Disdukcapil melalui sistem informasi administrasi kependudukan. Setelah berhasil nanti PIN akan dikirim melalui email pengguna dan digunakan untuk mengaktifkan aplikasi IKD," terangnya.

Manfaat dari aplikasi IKD ini, lanjut Firman, untuk mempermudah verifikasi diri tanpa harus membawa dokumen identitas fisik, mempermudah mengakses layanan publik serta mempermudah akses data keluarga.

"Di tahun depan pada tahapan ke empat, kami akan menyasar para pelajar dan mahasiswa lalu setelahnya membuka layanan bagi masyarakat," kata Firman.

Firman juga menerangkan, selain mengaktivasi IKD warga domisili Anambas, aplikasi ini juga  juga sudah dapat diaktifkan bagi warga yang berdomisili daerah berbeda.

"Nah saat ini sudah bisa, kalau sebelumnya kan tidak. Syaratnya cukup punya android dan sudah melakukan perekaman e-KTP," ujarnya. ( TRIBUNBATAM.id/Noven Simanjuntak)


 

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved