Breaking News:

DISKOMINFO LINGGA

Bupati Lingga Lihat Langsung Tambak Kepiting Bakau di Desa Duara dan Kelumu

Bupati Lingga mengunjungi tambak kepiting bakau di Desa Duara dan Desa Kelumu melalui program Ketahanan Pangan Hewani dan Nabati Desa Kelumu.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Tri Indaryani
Prokopim Lingga
Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat melihat tambak kepiting bakau di Desa Duara, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri baru-baru ini 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Bupati Lingga, Muhammad Nizar didampingi Ketua PKK Lingga bersama Kepala Dinas Perikanan mengunjungi Desa Kelumu, Kecamatan Lingga baru-baru ini.

Dalam kunjungan tersebut, Muhammad Nizar bersama rombongan menyempatkan diri melihat langsung tambak Kepiting Bakau, yang dibuat Desa Kelumu melalui  program Ketahanan Pangan Hewani dan Nabati Desa Kelumu.

Di sela-sela kunjungannya, Bupati menyempatkan mendengarkan penyampaian dari masyarakat sekitar, baik ketua RT, Kepala Desa maupun tokoh masyarakat yang memelihara kepiting bakau tersebut, mulai dari cara penangkapan maupun cara panen.

Nizar menuturan, selain sebagai objek wisata mangrove ia berharap adanya Kuliner Kepiting Bakau di wilayah desa mangrove ini.

"Wisata ini baik juga buat kegiatan ibu-ibu PKK untuk melaksanakan Kegiatan karena disini pemandangannya sangat bagus untuk membuat suatu kegiatan," kata Nizar.

Menurutnya, wisata mangrove ini memiliki multifungsi yang dampaknya sangat berguna bagi masyarakat.

Baca juga: Bupati Nizar Bangga, 16 Siswa Asal Lingga Dapat Beasiswa Quran Centre Kepri

Namun, ia menilai perlu adanya perbaikan akses menuju kawasan tersebut sehingga diharapkan memberi kemudahan bagi pengunjung maupun masyarakat sekitar.

"Kami dari pemerintah daerah sangat mensupport dengan adanya program ketahanan pangan ini yaitu budidaya kepiting bakau, Insya Allah dari dinas Perikanan Lingga akan membantu untuk pembibitan kepiting bakau ini bagi desa yang telah melaksanakan program ini," ucap Nizar.

Sebelumnya juga, Nizar juga meninjau langsung perkembangan tambak kepiting bakau di Kuit, Desa Duara, Kecamatan Lingga Utara.

Tahun 2023, melalui Dinas Perikanan bakal mendistribusikan bantuan benih kepiting bakau untuk desa-desa yang telah memulai usaha budidaya tersebut.

"Terobosan yang cukup baik dilakukan pihak desa dalam mengelola program ketahanan pangan desa. Tambak dengan tahap awal penaburan 450 benih ketam bakau pada lokasi berukuran 20x20 m⊃2;. Ternyata sudah dilakukan panen parsial. Prospek yang baik," sambungnya.

Dia berharap, semoga terus berkembang dan berkesinambungan serta berdampak pade perputaran ekonomi desa. 

Dan tentu, Pemerintah Daerah akan selalu mensupport  agar setiap desa terus mandiri dan berkreasi dalam menciptakan peluang-peluang ekonomi desa, dengan pemanfaatan segala potensi yang ada.

"Insya Allah pemerintah daerah pada penganggaran tahun 2023 ini akan membantu mendistribusikan benih ketam bakau untuk desa-desa yang telah memulai usaha tambak ini.

Semoga usaha-usaha baik, dengan niat baik, dan hasilnya juge baik," tambahnya. (TRIBUNBATAM.id/Febriyuanda)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved