Breaking News:

BATAM TERKINI

Gelombang Enam Meter, Dua Pekan Kapal Roro Tujuan Batam ke Anambas tak Berlayar

Sudah dua pekan belakangan, kapal roro dari Batam tujuan Anambas tidak berlayar karena ada warning dari BMKG soal ancaman gelombang tinggi 6 meter.

TRIBUNBATAM.id/Beres Lumbantobing
Kapal Roro di Pelabuhan Roro Telaga Punggur Batam sudah selama dua pekan tidak beroperasi karena gelombang tinggi di perairan Anambas mencapai 6 meter.  

BATAM, TRIBUNBATAM.id -  Sudah dua pekan, kapal Roro dari Batam tujuan Matak Anambas harus menghentikan operasi pelayaran. 

Hal itu dikarenakan cuaca di perairan Anambas Kepri menunjukkan status merah yaitu dalam kategori berbahaya, gelombang tinggi.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Persero Batam, Marsadik mengatakan, sampai saat ini kapal Roro KM Bahtera Nusantara 01 tujuan Anambas belum bisa beroperasi. 

“Sudah dua Minggu tak beroperasi. Kita masih menunggu informasi dari BMKG,” ujar Marsadik saat dihubungi, Selasa (24/1/2023).

Penghentian itu, kata dia, setelah KG mengeluarkan informasi prakiraan cuaca statusnya merah, gelombang setinggi 5 sampai 6 meter di perairan tersebut. 

"Jadi pelayanan kami kepada masyarakat sedikit terganggu oleh faktor cuaca gelombang tinggi di perairan Anambas, karena faktor keselamatan penumpang lebih diutamakan," ujarnya.

Baca juga: BATAM Hujan Berhari-hari, Cek Daftar Harga Bahan Pokok di Sekupang Batam

Marsadik menambahkan, pihaknya sampai saat ini belum bisa membuka layanan tiket dan masih menunggu prakiraan cuaca dari BMKG.

"Ketika nanti BMKG sudah mengeluarkan status cuaca baik baru bisa berlayar ke Anambas,” tuturnya. 

Maka untuk itu, ia meminta agar penumpang tujuan Anambas dapat bersabar.

Ia mengatakan, ketika kapal Roro sudah diperbolehkan berlayar, tidak ada pembatasan kapasitas muatan dalam arti normal kembali.

Selain itu, lanjut Marsidik, untuk pelayaran kapal Roro ke daerah lainnya seperti Sei Pakning, Riau, Tj Uban, Kuala Tungkal masih dalam kondisi normal.

"Untuk tujuan wilayah tersebut masih bisa kita layani pelayaran kapal Roro," katanya. (TRIBUNBATAM.id/Beres Lumbantobing)

 

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved