Kecelakaan Lalulintas di Batam

Inilah Cerita Bukit Daeng yang Tidak Semua Orang Tahu

Bukit Daeng merupakan bukit yang terkenal rawan kecelakaan. Inilah kisah di baliknya yang tidak semua orang tahu

Inilah Cerita Bukit Daeng yang Tidak Semua Orang Tahu
tribunnews batam/ian pertanian
Lalulintas di Bukit Daeng, Mukakuning, Jumat (8/1/2016), Batam. Papan reklame yang sangat rendah mengganggu keselamatan para pengendara yang melintas di jalan ini. 

Laporan Wartawan Tribun Batam Abd Rahman Mawazi

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Bukit Daeng merupakan bukit yang terkenal rawan kecelakaan. Di sanalah seorang wanita bernama Penny Marlina mengalami kecalakaan maut karena ditabrak oleh taksi yang melarikan diri.

Bagaimana sih tentang Bukit Daeng ini? Bukit Daeng merupakan lalu lintas kategori jalan protokol yang menghubungkan antara Mukakuning dan Batuaji.

Sebagaimana jalan protokol lain lain, satu arahnya memiliki dua lajur dengan ukuran badan jalan yang lebar. Untuk mendapatkan gambaran yang utuh, akan digambarkan kondisi Bukit Daeng ini dari dua arah tersebut dan di puncaknya terdapat tikungan.

Bukit ini memiliki kontur tanjakan dengan tingkat kemiringan 70 dejarat dari arah Mukakuning, sedangkan turunanya sedikit lebih landai dengan kemiringan hanya 45 derajat. Turunan yang terkesan santai ini cukup panjang tetapi banyak pengendara yang kerap memanfaatkan lalu kendaraannya pada posisi maksimum.

Dan dari arah sebaliknya, apabila dari arah Batuaji atau simpang Barelang, maka pengendara akan menanjaki bukit landai terlebih dahulu lalu turun pada kecuraman tajam 70 derajat tersebut.

Nah, sebelum habis turunan tajam itu, pengendara juga akan menemukan tikungan ringan hendak memasuki jalan raya yang memisahkan dua sisi dam Mukakuning.

Itulah gambaran tentang Bukit Daeng yang kerap menjadi trending topic ketika terjadi kecelakaan. Dan kali ini peristiwa itu menimpa pengantin baru yang sedang hamil muda.

Kalau Anda pernah melewati jalan tersebut, apa yang ada rasakan dan bagaimana sensasinya? (*)

Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help