Batam Terkini

Polda Kepri Mulai Terapkan e-Tilang. Begini Mekanismenya

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga Minggu (23/4/2017) mengatakan, pemberlakuan e-tilang di wilayah hukum Polda Kepri sudah mulai pekan lalu.

Polda Kepri Mulai Terapkan e-Tilang. Begini Mekanismenya
TRIBUN BATAM/elhadif
Aparat Kepolisian dari Satuan Lalulintas Polresta Barelang kembali menggelar operasi rutin terhadap pengendara kendaraan bermotor di Jl. Sudirman, tepat di depan Mapolresta Barelang, Kamis (23/4/2015) sejak pukul 15.30 WIB dan berakhir sekitar pukul 17.00 WIB. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Peluncuran e-tilang yang digelar serentak secara nasional Jumat (16/12/2017) lalu, baru diberlakukan di Polda Kepri. Hal itu karena, petunjuk dan teknis (juknis) dari Korlantas Polri baru keluar.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga Minggu (23/4/2017) mengatakan, pemberlakuan e-tilang di wilayah hukum Polda Kepri sudah mulai dilakukan sekitar sepekan lalu.

(Baca: Lomba Mewarnai di Swiss Belhotel, Menang Atau Kalah Semua Dapat Piagam)

(Baca: Tiba-tiba Pingsan, Cek Tujuh Penyebab yang Tak Bisa Disepelekan)

"Jadi bagi pengendara pelanggar, denda langsung diserahkan lewat bank yang ditunjuk sesuai slip yang diberikan oleh personel Polantas yang bertugas di lapangan," kata Erlangga.

Aplikasi e-tilang, kata Erlangga,  merupakan sistem penegakan hukum dalam hal ini tilang yang dilakukan secara online atau melalui sebuah aplikasi berbasis android.

"Sebagaimana sistem yang dibangun oleh Korlantas Polri, adalah sistem pembayaran tilang melalui online. Jadi nanti petugas diberikan aplikasi untuk menilang. Petugas melakukan penegakan hukum menggunakan sebuah aplikasi," jelasnya.

Metode kerjanya, petugas tidak mencatat tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara di buku tilang. Tapi petugas hanya mencatat pelanggaran tersebut di dalam aplikasi e-tilang.

Setelah dicatat jenis pelanggarannya, dalam aplikasi tersebut akan keluar besaran jumlah denda yang harus dibayarkan pelanggar. Lalu, pelanggar dapat membayarkan denda tersebut melalui arahan sebauah pesan pendek elektronik atau SMS banking ataupun transfer melalui ATM. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Senin 24 April 2017

Penulis: Leo Halawa
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help