TribunBatam/

Aroma Tanaman Ini Tingkatkan Memori Anak. Simak Hasil Penelitiannya

Apakah anak mengalami sedikit masalah dalam hal mengingat pelajarannya di sekolah? Biarkan ia mencium aroma minyak esensial tanaman ini.

Aroma Tanaman Ini Tingkatkan Memori Anak. Simak Hasil Penelitiannya
NAKITA
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Apakah anak mengalami sedikit masalah dalam hal mengingat pelajarannya di sekolah? Biarkan ia mencium aroma minyak esensial rosemary yang direkomendasikan para peneliti dapat meningkatkan memori kerja secara signifikan pada anak-anak.

"Kami tahu bahwa memori kerja yang buruk berkaitan dengan kinerja akademis yang buruk dan temuan ini menawarkan kemungkinan hemat biaya dan sederhana untuk meningkatkan kinerja akademis pada anak-anak," kata Mark Moss dari Universitas Northumbria di Inggris.

Sebelumnya, diketahui bahwa aroma minyak esensial rosemary bisa meningkatkan kognisi pada orang dewasa. Dalam penelitian tersebut, sebanyak 40 anak berusia 10 sampai 11 tahun secara acak ditugaskan ke sebuah ruangan yang memiliki aroma minyak rosemary yang tersebar di dalamnya atau ruangan tanpa aroma selama sepuluh menit. Mereka kemudian mengerjakan tes berbasis kelas pada berbagai tugas yang berhubungan dengan mentalnya.

Baca: KEREN. Walau Mungil Berukuran 3 x 6,5 Meter, Rumah Ini Nyaman dan Lengkap

Baca: Pizza Ini Beda karena Pakai Topping Bayam dan Keju. Cocok Untuk Sarapan

Baca: Ingin Pisau Awet dan Tajam? Begini Cara Perawatannya

Dr Mark Moss mengatakan, "Penelitian kami sebelumnya menunjukkan aroma minyak esensial rosemary dapat meningkatkan kognisi pada orang dewasa yang sehat. Mengetahui betapa pentingnya memori kerja dalam prestasi akademik, kami ingin melihat apakah efek serupa dapat ditemukan pada anak usia sekolah di lingkungan kelas."

Anak-anak diuji secara terpisah, duduk di meja di seberang peneliti. Setelah memperkenalkan dirinya kepada si anak, peneliti tersebut berkata, "Kamu berada di sini untuk memainkan beberapa permainan ingatan. Tolong jangan gugup tapi cobalah yang terbaik untuk mengingat apa pun yang saya minta."

Analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak di ruangan yang terpapar aroma rosemary mendapat nilai yang jauh lebih tinggi daripada anak yang berada di ruang yang tidak beraroma. Menurut para peneliti, tes untuk mengingat kata-kata menunjukkan perbedaan terbesar dalam skor penelitian tersebut.

"Bisa jadi aroma itu mempengaruhi aktivitas listrik di otak atau senyawa yang aktif secara farmakologis dapat diserap saat orang-orang terpapar aroma ini," kata Mark. Temuan ini dipresentasikan di British Psychological Society Annual Conference di Brighton. Umumnya, minyak rosemary sering digunakan untuk gangguan pencernaan, menghilangkan perut kembung, kram perut, sembelit, dan kembung. Minyak ini juga dianggap meringankan gejala dispepsia dan merupakan stimulan dari nafsu makan. (*)

Tags
memori
anak
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help