TribunBatam/

Benarkah Anak di Daycare Rentan Stres? Simak Hasil Penelitiannya

Bberdasarkan penelitian, anak yang menghabiskan waktu di tempat penitipan anak merupakan alasan tertinggi ketiga anak mengalami stres atau tekanan.

Benarkah Anak di Daycare Rentan Stres? Simak Hasil Penelitiannya
NOVA
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Dilema para orangtua bekerja adalah harus meninggalkan anak-anaknya selama bekerja. Saat ini, menitipkan anak di penitipan anak atau daycare menjadi pilihan banyak orang.

Sayangnya, berdasarkan penelitian, anak yang menghabiskan waktu di tempat penitipan anak merupakan alasan tertinggi ketiga anak mengalami stres atau tekanan, dibanding yang biasa tinggal di rumah. Stres bisa membuat anak lebih pemalu, menutup diri, dan kurang memiliki kontrol diri.

Penelitian yang dilakukan oleh Norwegian University of Science and Technology melakukan survey terhadap 112 anak dengan usia sekitar 12 hingga 18 bulan. Profesor Mary Brugli, ketua penelitian ini mengatakan, anak-anak yang tidak terbiasa untuk bersosialisasi dan belum memiliki kemampuan bahasa yang baik akan lebih mudah stres di tempat penitipan anak.

Anak yang dititipkan akan lebih mudah stres karena akan menemukan banyak hal yang menurutnya tak bisa diselesaikan. Berbeda dengan suasana di rumah, di mana keadaan dianggap lebih aman sehingga tak mudah terkena stres.

Baca: Bantah Berniat Begal, Dua Pria Ini Mengaku Lempar Mobil Polisi Karena Kesal

Baca: Akui Terima Uang dari Soetrisno Bachir, Begini Penjelasan Amien Rais

Baca: Lempar Mobil Pakai Batu, Setelah Tahu Siapa di Dalamnya, Begal Ini Kaget Bukan Main

Stres biasanya muncul karena rindu dengan orangtua, tidak ingin berpisah dengan orang tua, dan kondisi tersebut membuat anak lebih susah untuk menikmati suasana tempat penitipan anak.

Menurut Profesor Mary, orang tua dapat mengobati rasa rindu anak dengan menghabiskan waktu bersama di akhir pekan, agar anak bisa mendapatkan apa yang tidak bisa didapatkan selama dititipkan.

Untuk orang tua yang memiliki karier dan terbiasa menitipkan anak di tempat penitipan, jangan khawatir. Untuk menghindari anak stres, setelah menjemput anak di tempat penitipan kita bisa meluangkan waktu bersama dan memanfaatkan waktu kebersamaan dengan kegiatan yang menyenangkan.

Yang terpenting, selalu tunjukkan kasih sayang anak kita terutama saat-saat bersama anak sehingga anak tak merasa diabaikan. (*)

*Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Nova.grid.id dengan judul : Menitipkan Anak di Daycare Malah Membuatnya Stres, Mengapa?

Tags
Stres
anak
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help