TribunBatam/

BATAM TERKINI

Hasil Sidak Harga Telur Naik, Bagaimana Harga Sembako Lain? Ini Hasilnya

Selain menggelar sidak ke Pasar Tos 3000, TPID Batam juga melakukan kegiatan serupa di Pasar Sagulung. Bagaimana hasilnya?

Hasil Sidak Harga Telur Naik, Bagaimana Harga Sembako Lain? Ini Hasilnya
TRIBUNBATAM/DEWI HARYATI
Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam menemukan indikasi permainan harga di kalangan pedagang jelang Lebaran, saat memantau harga pangan di Pasar Tos 3000 Jodoh, Senin (19/6/2017) 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Ketua TPID Kota Batam, Jefridin mengatakan, dari hasil pantauan timnya, sejumlah harga pangan di pasar terpantau masih stabil jelang Lebaran 1438 Hijriah.

Dia berharap, kondisi tersebut masih tetap berlangsung hingga akhir Ramadan dan Lebaran nanti. Seperti cabai merah per kg Rp 16 ribu, bawang putih Rp 22 ribu, dan bawang merah Jawa Rp 24 ribu. Sedangkan untuk daging ayam segar per kg ditawarkan kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu.

"Rata-rata masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET). Seperti untuk daging beku itu kisaran Rp 70-an ribu sampai Rp 80 ribu, gula Rp 12 ribu sampai Rp 12.500, beras juga masih di bawah Rp 9.500 per kilonya," ujar Jefridin.

Dia membenarkan, dari hasil pantauan harga ke lapangan, untuk harga telur per papannya memang mengalami kenaikan. Selain ke Pasar Tos 3000, pihaknya juga melakukan kegiatan serupa di Pasar Sagulung.

Baca: Harga Telur Naik, Begini Alasan Pedagang saat TPID Gelar Razia di TOS 3000 Jodoh

Baca: Asyik Mancing di Danau Monggak, Jaksen Tewas Setelah Sampannya Tenggelam

Baca: Rutan Ajukan 114 Napi Dapat Remisi Khusus Lebaran

"Mudah-mudahan harganya tak terlalu melambung," kata dia.

Jefridin melanjutkan, dari sebelum Ramadan dan saat Ramadan, pihaknya memang menggelar kegiatan pasar murah.

Tidak lain tujuannya untuk menekan harga pangan melambung tinggi. Selain TPID, ada sejumlah pihak lain yang ikut menggelar kegiatan pasar murah, seperti dari perwakilan Kementerian Perdagangan. Hal itu lanjut dia, ikut membantu agar harga pangan di pasaran tak melambung. (*)


*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak Selasa, 20 Juni 2017

Tags
Batam
TPID
Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help