WASPADALAH! Para Hacker Kini Mulai Incar Drone Untuk Diretas

Saat ini, telah terbentuk kelompok pengamat dan hacker DJI drone di Facebook untuk mengembangkan aplikasi DJI-Go versi hacker.

WASPADALAH! Para Hacker Kini Mulai Incar Drone Untuk Diretas
ist
Ilustrasi drone 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Pesawat tanpa awak alias drone ternyata bisa dikendalikan oleh para hacker dari jarak jauh.

Demikian disampaikan Kadiv Humas Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Muhammad Akbar Marwan. Menurutnya, drone sejak beberapa bulan terakhir ini makin sering jadi incaran hacker.

Dipaparkan oleh Akbar, para hacker mulai rajin mengeksploitasi celah keamanan aplikasi dari para produsen utama drone di dunia untuk menghindari pembatasan, termasuk batas elevasi penerbangan.

Yang terbaru adalah ancaman hacker pada drone keluaran DJI. Dari penelusurannya, Akbar yang juga Researcher Drone dan Mobile Ad Hoc Network (MANET) dari Universitas Gunadarma, telah melihat celah yang dimanfaatkan hacker.

"DJI sebelumnya memang telah mengeluarkan update firmware untuk mengatasi masalah celah peretasan ini. Namun, walaupun sudah ada update firmware ini, proses hacking masih tetap dapat dilakukan," kata Akbar dalam keterangan tertulis kepada KompasTekno, Selasa (1/8/2017).

Baca: KEREN! Parkir Mobil Bisa Dikendalikan dari Jauh Lewat Smartphone

Baca: Minum Sampanye saat Masuk Rumah Korban, Pencuri Ini Teler Sebelum Beraksi

Baca: HEBOH! Gara-gara Status Facebook Bahas Kambing, Seorang Jurnalis Dipolisikan

Potensi hacking drone, menurutnya, dapat ditelusuri pada kesalahan yang dibuat oleh DJI dalam meninggalkan kode debug pengembangan di aplikasi DJI Assistant 2.

Perubahan bisa dilakukan dengan memberi komentar satu baris pada sebuah file dan menetapkan flag debug dari false ke true.

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved