TribunBatam/
Home »

News

» Sains

Sebaiknya Anda Tahu

Waspadalah! Inilah 5 Obat Psikotropika Paling Mudah Disalahgunakan! Perhatikan Keluarga Anda!

Waspadalah! Inilah 5 Obat Psikotropika Paling Mudah Disalahgunakan! Simak Baik-baik!

Waspadalah! Inilah 5 Obat Psikotropika Paling Mudah Disalahgunakan! Perhatikan Keluarga Anda!
PIXABAY
Ilustrasi obat 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM-Kasus penyalahgunaan Dumolid yang menjegal Tora Sudiro mengangkat kembali aturan psikotropika ke mata publik.

Secara umum, obat psikotropika merupakan obat yang berhubungan dengan kejiwaan. Cara kerjanya mengubah tingkat kimiawi di otak untuk memengaruhi suasana hati dan perilaku.

Akan tetapi, penggunaan obat psikotropika tidaklah seperti obat warung. Indikasi dokter sangat diperlukan untuk mengonsumsi obat tersebut.

Tanpanya, penggunaan psikotropika atas dasar apapun dapat dianggap sebagai penyalahgunaan obat. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.

Dilansir dari ABC News, berikut ini adalah beberapa jenis obat psikotropika yang jamak digunakan sehingga berpotensi tinggi disalahgunakan, antara lain:

1. Obat antipsikotik

Obat antipsikotik dipercaya memblokir reseptor dopamin di otak yang dianggap terlalu aktif pada pasien psikosis yang menunjukkan gejala delusi dan halusinasi.

Namun, obat antipsikotik dapat menyebabkan tremor, kejang otot, dan kegelisahan. Efek samping lainnya adalah tardive dyskinesia, gerakan tak terkendali pada lidah, bibir, mulut, lengan, dan kaki secara permanen.

Antipsikotik juga dapat mempengaruhi metabolisme seseorang. Obat ini seringkali menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan dan dapat meningkatkan risiko diabetes.

2. Obat antidepresan

Halaman
123
Editor: Agoes Sumarwah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help